Sastra Arab FS UM Bekali Kompetensi Guru Bahasa Arab

Malang, SERU.co.id – Pembelajaran bahasa Arab bagi pembelajar non-Arab merupakan proses pembelajaran bahasa kedua yang memerlukan seni dan kemampuan khusus. Pun kemampuan mengajar bagi guru bahasa perlu dibangun dan dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik.

Menyadari hal itu, Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menggelar “Pelatihan Kompetensi Professional bagi Guru Bahasa Arab MA/SMA/SMK”, Sabtu dan Minggu (5-6/9/2020) lalu. Melalui aplikasi zoom meeting diikuti sekitar 120 guru bahasa Arab dari berbagai kota di seluruh Indonesia, selama 2 hari.

“Sejatinya kegiatan ini diadakan dengan tatap muka dan hanya untuk guru-guru bahasa Arab MA/SMA/SMK se-Malang Raya. Akan tetapi karena via online, maka pesertanya dari seluruh penjuru Indonesia,” ungkap Dr. Mohammad Ahsanuddin, Ketua Tim Pelaksana.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini berupa pemaparan materi, diskusi, dan praktik pengajaran keterampilan berbahasa (istimak, kalam, qira’ah, dan kitabah) dan unsur bahasa (mufradat dan tarkib).

Pemateri seminar adalah beberapa guru besar prodi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Malang, sebagaimana materi yang disampaikan. Terkait Pengajaran Kalam (berbicara) disampaikan oleh Prof. Dr. Imam Asrori, Pengajaran Istima’ (mendengar) oleh Dr. Mohammad Ahsanuddin, Pengajaran Mufrodat (kosa kata) oleh Ali Ma’sum, SPd, MA.

Salah satu materi yang disampaikan. (ist)


Di hari kedua, materi terkait Qiro’ah oleh Prof Dr Moh Ainin, MPd, Pengajaran Kitabah (menulis) oleh Laily Maziyah, SPd, MPd, dan materi Pengajaran Tarkib oleh Dr Muhammad Alfan, MPd.

“Kami hanya ingin memberikan gambaran rekonstruksi metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab yang selama ini sudah dilakukan di sekolah-sekolah. Banyak dari para guru bahasa Arab masih belum memahami metode pengajaran bahasa arab. Terutama pada Maharah Kalam, Istima’, Qiro’ah, Kitabah dan Tarkib,” ungkap Prof Dr Moh Ainin, MPd.

Baca juga:   UB Apresiasi Dosen dan Lembaga Berprestasi dalam GIRAFFE Award

Karenanya, lanjut Ainin, guru bahasa Arab harus memiliki banyak pengetahuan terkait metode dalam pembelajaran bahasa Arab. Sehingga tujuan pembelajaran bahasa arab dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. (rhd)

Sumber dari: https://seru.co.id/sastra-arab-fs-um-bekali-kompetensi-guru-bahasa-arab/