Tim Pengabdian UM Gelar Pelatihan Women Smart Digital

MALANG KOTA- Tim Pengabdian dari Departemen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang memiliki suatu strategi untuk mendorong pemberdayaan perempuan. Upaya tersebut diimplementasikan melalui pelatihan Women Smart digital kepada Komunitas Perempuan Gayatri binaan PKBM LC-Excellent, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Sebanyak 25 peserta diberikan materi tentang pengenalan digital literasi, digital finansial dan digital marketing.

Ketua tim pengabdian Drs Ishom, MPd mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan dukungan dan memfasilitasi para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya melalui media digital. Pengembangan usaha produk lokal harus disesuaikan dengan trend dan perkembangan zaman, agar tidak digeser oleh produk-produk dari luar negeri.

“Kami mendorong para pelaku usaha mengembangkan produknya melalui pemanfaatan media digital. Jadi, misalnya promosi dengan menggunakan platform-platform digital dan pembayarannya menggunakan uang elektronik atau cashless,”ujarnya.

Pengabdian ini penting, sebab menurutnya era society 5.0 komponen utamanya adalah manusia. Yaitu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi. Sehingga dapat meminimalisir adanya kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi dikemudian hari. Untuk menghadapi tantangan cara hidup di era society 5.0 ini harus dilakukan dengan berbagai strategi yang mudah diadopsi oleh masyarakat.

Dalam hal ini peran perempuan merupakan subyek yang penting dan menempati posisi penting diberbagai bidang kehidupan. Perempuan dapat menjadi aktor utama untuk mengidentifikasi potensi diri, mengaktualisasikan, dan bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Seperti diketahui, kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan menghadirkan pemateri seorang praktisi digital Deni Andis. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Yang pertama merupakan pengenalan tentang digital finansial, digital literasi dan digital marketting. Materi yang kedua adalah Forum Grup Discussion dengan fokus identifikasi kebutuhan dan alternatif solusi. Selain itu juga dilakukan praktik promosi melalui media digital.

Ishom berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku usaha. Guna mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan media digital. “Selain itu juga dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi dan mendorong untuk mewujudkan keberdayaan didasarkan pada perilaku inovatif, kreatif dan solutif,”ucapnya.

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/29/08/2022/tim-pengabdian-um-gelar-pelatihan-women-smart-digital/