Pertama Kalinya Universitas Negeri Malang KKN di Desa Padusan, Pacet, Mojokerto

22 Mei 2022 20:17 Diperbarui: 22 Mei 2022 20:22 22 2 0

Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang merupakan kegiatan terjadwal pada setiap tahunnya di Universitas Negeri Malang untuk pertama kalinya berada di Desa Padusan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Sehingga dalam rangka mendukung pemberdayaan masyarakat untuk mencapai keberhasilan pembangunan Desa, kegiatan KKN-TEMATIK ini mempunyai tema yaitu Peningkatan Potensi Desa Wisata Padusan, Melalui Pengembangan Profil Wisata Desa, yaitu sebuah media informasi yang akan memperkenalkan dan menginformasikan Profil Desa pada ruang lingkup yang lebih luas melalui platfrom digital youtube, tiktok,Website dan Ig.

Pada awal mulanya kegiatan ini dilakukan dengan adanya Observasi awal bersama aparat desa, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran awal terkait kondisi desa serta mengamati proses pengelolaan dan operasional pemerintahan di desa padusan, saat observasi ternyata mendapati bahwa desa ini belum memiliki profil wisata desa yang nantinya akan menunjang perekonomian masyarakat setempat termasuk UMKM desa setempat yang menggantungkan perekonomiannya pada potensi wisata daerah setempat.

Data informasi wisata desa mungkin ada di beberapa media platfrom antara lain website dan Ig, namun dalam pengelolaan data wisata desa yang dilakukan masih terpisah-pisah, pengaplikasiannya yang berbeda-beda dan tidak sesuai peruntukannya, konten kreasi yang kurang menarik dan milenial, sehingga pada kegiatan observasi ini kita akan mengenalkan potensi wisata yang ada di Desa Padusan ini ke masyarakat luas, karena ada beberapa potensi wisata yang belum banyak diketahui dan di jangakau informasi kepada dunia pariwisata lebih luas akibat beberapa faktor tersebut.

Kegiatan ini akan dimuat dalam bentuk website desa, Instagram, youtube dan tiktok desa dalam bentuk pembuatan berita dan penggunggahan gambar serta video. Sebagai media dokumentasi kegiatan potensi wisata desa. Pemanfaatan media platfrom wisata desa ini sebagai media promosi wisata desa padusan, yaitu hutan, campground/ bumi perkemahan, air terjun, arung jeram, pemandian air panas, caf, villa, hasil pertanian anatara lain padi, jagung, dan tomat. Peternakan antara lain ternak ayam, sapi, kambing, dan juga perkebunan antara lain petik strawberry, serta hasil olahan makanan produk lokal desa padusan anatara lain terdapatnya pabrik sinom, pengrajin genteng, pembuatan kue tradisional dll.

Dari hasil pembuatan profil wisata desa dalam bentuk draft book dan digital video maka terbentuknya profil wisata desa yang lengkap sebagai dasar penentuan tingkat potensi wisata desa dan pengembangan wisata desa serta sarana publikasi data. Ditambahkan bahwa data wisata desa masih tergolong tidak lengkap terutama disebabkan lemahnya data yang diperoleh dari narasumber tiap wisata. Oleh karena itu, pembuatan buku dan video profil wisata desa ini disambut baik oleh masyarakat Desa Padusan dan perangkat desa.

Dari adanya program kerja ini dari team kegiatan KKN-TEMATIK diberikan Feedback dari warga yaitu saat draft buku profil wisata desa dan video di lounchingkan dan ditampilkan. Masukan-masukan dari Dosen pembimbing, team KKN-TEMATIK, Masyarakat Padusan, dan perangkat desa untuk draft buku profil wisata desa. Feedback berupa saran-saran lokasi yang lebih tepat dalam menggambarkan Desa Padusan. Hasil evaluasi tersebut telah diakomodasi dalam buku profil wisata desa versi cetak dan video profil wisata desa yang telah diunggah dalam media platfrom (media sosial).

Target luaran dari kegiatan pengabdian adalah profil wisata desa dengan media promosi yang diharapkan menambah dan mampu menggerakkan ekonomi perdesaan secara signifikan, antara lain berkat diversifikasi pekerjaan.

Sumber| https://www.kompasiana.com/asa89687/628a37fc1ee9225b2c3b8ec2/pertama-kalinya-universitas-negeri-malang-kkn-di-desa-padusan-pacet-mojokerto-meningkatkan-potensi-desa-wisata-menjadi-program-unggulan-guna-mendorong-diservikasi-pekerjaan-masyarakat-sekitar?page=all#sectionall