UM Wisuda 1088 Lulusan ke-95 Tahun 2018, Bayu Skak akhirnya Diwisuda

Minggu, 18 November 2018 | 01:00

Memontum Kota Malang – Usai prosesi wisuda pada awal Oktober lalu, kembali Universitas Negeri Malang (UM) menggelar wisuda ke-95, yang dilaksanakan di Graha Cakrawala UM, Sabtu (17/11/2018). Pada wisuda kali ini diikuti oleh 1.088 orang lulusan, terdiri atas 13 orang program Doktor Kependidikan, 28 orang program Magister Kependidikan, 9 orang program Magister Nonkependidikan, 555 orang program Sarjana Kependidikan, 319 orang program Sarjana Nonkependidikan, 53 orang program Vokasi (D3) Nonkependidikan, dan 111 orang program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

UM Wisuda 1088 Lulusan ke-95 Tahun 2018, Bayu Skak akhirnya Diwisuda

Para wisudawan-wisudawati terbaik UM dalam wisuda ke-95 Tahun 2018

Dari jumlah lulusan tersebut, 5 orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan.

Bayu Skak, berikan sambutan mewakili wisudawan-wisudawati

Bayu Skak, berikan sambutan mewakili wisudawan-wisudawati

Para lulusan terbaik tersebut, diantaranya pada Program PPG-T oleh Vicha Rahmadhiani, S.Pd; Nilai Akhir 93,58; Prodi PPG Pendidikan Teknik Bangunan, FT; Program Vokasi (D3) oleh I Putu Yudistira Danubratha Y., A.Md (IPK 3,82), Prodi Diploma Ill Mesin Otomotif, FT; Program Sarjana oleh Akil Fitra Sholakodin, S.Pd (IPK 3,55) Prodi Sarjana Pendidikan Sosiologi, FIS; Program Magister oleh Okyana Dewi Gendari, M.Pd (IPK 3,74) Prodi Magister Pendidikan Dasar, Pascasarjana; Program Doktor oleh Dr. Kristayulita (IPK 3,81) Prodi Doktor Pendidikan Matematika, Pascasarjana.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang nonakademik tingkat universitas diraih oleh M. Ilham Nurhakim, S.Pd; Prodi Sarjana Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas llmu Pendidikan. Wisuda kali ini juga diikuti oleh lulusan program Kemitraan Negara Berkembang (KNB) berasal dari Palestina, yaitu Shadi Emad Areef Alhaleh, Program Studi Magister Akuntansi, Pascasarjana

Prof Dr Syamsul Hadi MPd, Wakil Rektor III UM mengatakan ada hal yang menarik dalam wisuda kali ini, yaitu ada lulusan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atas karyanya yang mendapat pengakuan akademik dan dinyatakan lulus D3 Game Animasi yaitu Bayu Skak. “Bayu Skak akan mewakili mahasiswa dalam memberikan sambutannya. Prestasi Bayu Skak ini menjadi inspirasi mahasiswa lainnya untuk menghasilkan karya. Nantinya UM akan mewadahi, namun dengan 2 syarat, yaitu harus relevan dan setara. Sebenarnya ada banyak karya-karya mahasiswa yang spektakuler, namun belum memenuhi standar relevan dan setara. Artinya, ada yang relevan namun belum setara, maupun sebaliknya. Dan semoga mahasiswa yang lulus segera mendapatkan kerja yang sesuai dengan kompetensinya,” jelas Syamsul.

Sementara itu, alumni UM yang telah berkiprah di industri perfilman Indonesia, Bayu Eko Moektito alias Bayu Skak mengajak para wisudawan untuk percaya diri pada bidang keilmuan yang ditekuni. Bayu Skak mengawali karir di dunia akting sebagai youtuber. Gaya bahasanya yang ceplas ceplos dengan Bahasa Jawa ternyata mampu menarik simpati masyarakat. Hingga pada akhirnya, Bayu mampu membuat Sebuah film yang mayoritas menggunakan bahasa Jawa sebagai pengantar bahasanya, film tersebut berjudul Yo Wis Ben.

“Banyak diantara mahasiswa menganggap jalan saya dalam industri perfilman mulus. Tidak semudah itu, awalnya saya pernah bermain film yang judulnya penculikan anak. Alhasil karya tersebut tidak laku terjual, ya iyalah…. hari gini masih membuat film dengan judul tentang penculikan, mana ada orang melihat? Berbeda dengan Yo Wis Ben. Tidak mudah memang membuat suatu karya yang antimainstream. Itulah yang saya rasakan. Berkat film ini pula saya diolok – olok oleh para haters. Tetapi akhirnya masyarakat bisa menerima film Yo Wes Ben,” jelas Bayu Skak dalam sambutannya.

Dengan bertambahnya lulusan pada Wisuda ke-95 ini, maka UM telah berhasil meluluskan sebanyak 125.739 orang, terdiri atas 1.617 orang program Doktor; 9.035 orang program Magister; 78.088 orang program Sarjana; 1.355 orang program PPG; 16.829 orang program Vokasi (D3); dan 18.815 orang program Non Gelar. (rhd/yan)

Sumber dari: https://pendidikan.memontum.com/3885-um-wisuda-1088-lulusan-ke-95-tahun-2018-bayu-skak-akhirnya-diwisuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *