UM Support Branding Kampung Heritage

MALANG KOTA – Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dan teori kepada masyarakat. Melalui program kuliah kerja nyata (KKN), sejumlah spot wisata di Kota Malang disambangi mereka. Ada sesi pembinaan branding dan desain packaging yang diberikan oleh mahasiswa. Salah satunya tersaji di Kampung Heritage Kajoetangan. Tercatat ada 3 RW yang mereka dampingi di sana. Yakni RW 01, RW 09, RW 10.

UM Support Branding Kampung Heritage

Lisa Sidyawati, dosen pembimbing di kampung tersebut, menyatakan bahwa kegiatan yang dijalankan sebulan itu masuk ke dalam program khusus KKN Tematik. ”Kami memilih Kajoetangan karena kawasan ini merupakan desa wisata yang punya prospek bagus. Jadi, kami melakukan pembinaan agar di sini menjadi desa wisata yang mandiri,” ujar dosen seni rupa tersebut.

Karimatus Sa’adah dari Divisi Humas KKN tersebut menyatakan ada 18 mahasiswa yang tergabung dalam kelompok kerja di Kampung Heritage Kajoetangan. Banyak program yang mereka kembangkan di sana. Mulai dari program pelatihan batik, packaging, hingga publikasi. ”Di sini kami kolaborasi dengan warga, ada pelatihan bikin gabungan kunci resin. Terus ada praktik publikasinya juga. Seperti bikin website dan mengelola media sosial,” jelas Arima, sapaan karibnya.

Menyesuaikan dengan karakteristik Kampung Heritage Kajoetangan, konsep vintage banyak dikerjakan mahasiswa. ”Kalau packaging-nya sih kami bikin lebih terkesan kuno, memang bentuknya dibuat dari kertas terus distempel biar kelihatan vintage,” imbuh Arima. Sebelum proses pembinaan disajikan, ada proses komunikasi terlebih dahulu yang dibangun dengan warga. Komunikasi itu ditujukan untuk menyepakati konsep yang akan dikerjakan.

Sumber dari: https://radarmalang.jawapos.com/um-support-branding-kampung-heritage/

Leave a Reply

Your email address will not be published.