Tangkap Arti Musik bagi Pemuda, Mahasiswa UM Raih Prestasi

MALANG KOTA – Mengungkapkan perasaan pada orang yang terkasih dapat dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya melalui musik. Jika selama ini musik dinikmati melalui indra pendengaran, mahasiswa Universitas Negeri Malang menggambarkannya melalui keindahan visual. Karya yang dilahirkan saat masa awal Pandemi tersebut, mampu meraih juara pertama kategori Industri Kreatif di ajang KMI Expo 2021 pada 22 November lalu.

Achmad Febrianto Putra (kiri) dan Tatiana Nanin Eristanti Ulil (kanan) Founder Koriste.id Peraih Juara 1 Kategori Industri Kreatif di KMI Expo 2021 .

Koriste.Id, adalah brand milik dua mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) UM yang berhasil menyabet prestasi. Produknya berupa gift dan home decoration, ragam karya akrilik seperti plakat dan gantungan kunci yang berisikan gambar custom dari tampilan Spotify (platform pemutar musik). Ide kemunculan produk Koriste.id berasal dari trend tik tok manca negara, di mana produk plakat Spotify dari kaca begitu populer dan diminati.

Karya industri kreatif milik Achmad Febrianto Putra dan Tatiana Nanin Eristanti Ulil tersebut kemudian dengan cepat diterima pasar lokal, bahkan hingga menembus pasar global di pertengahan 2020. “Pada bulan Juli-Agustus 2020 kita ada reseller di Perancis dan Singapura,” jelasnya. Awal perjalanan ekspor keluar negeri dicapai Febri dan Ulil melalui promosi di Twitter hingga mendapat perhatian salah satu pengusaha muda dari Perancis. Melalui relasi tersebut, Koriste.id mendapat payung untuk menjajakan produknya di luar negeri.

Dalam mengikuti ajang kompetisi KMI Expo, kreativitas menjadi kekuatan utama Koriste.id dalam meraih peringkat pertama. Terlebih arah pengembangan produknya dinilai memiliki keunikan. Beberapa pengembangannya termasuk karya kreatif baru, dan pengembangan website custome di mana pemesan bisa lebih mudah melihat preview produk yang didesain.

Selain itu, terdapat pengembangan karya akrilik berisi kartun yang divisualisasi melalui potret diri pemesan. “Ke depannya nanti, keychain kita bisa discan pakai Augmented Reality (AR), jadi menggunakan software di Handphone dan muncul animasinya,” jelas Febri. Pengembangan produk tersebut, saat ini tengah mencapai 50%-60% sebelum siap dipasarkan. Harapannya karya berisi kartun dan animasi AR tersebut dapat diluncurkan pada tahun 2022.

Sumber| https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/02/12/2021/tangkap-arti-musik-bagi-pemuda-mahasiswa-um-raih-prestasi/