Mahasiswa UM Sukses Melaksanakan Pelatihan Branding dan Fotografi Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk Di Desa Sumberejo Kabupaten Malang

17 Januari 2022   23:14 Diperbarui: 18 Januari 2022   03:19 14 1 0

Malang- Sabtu, 18 Desember 2021. Mahasiswa KKN MBKM Universitas Negeri Malang menyusun rancangan Pelatihan Branding Produk Dengan Fotografi . Kegiatan ini dihadiri oleh peserta pelatihan UMKM dari Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. 

Branding merupakan sebuah cara atau strategi untuk membangun dan membesarkan bisnis hingga dapat diterima oleh masyarakat luas. Apabila masyarakat telah membangun branding yang baik, maka perusahaan tersebut akan mudah mendapatkan keuntungan dalam bisnis.

Apakah kalian tau apa itu Fotografi? Fotografi merupakan suatu proses pengambilan gambar dengan menggunakan media cahaya. Tujuan dari pelatihan Fotografi ini adalah untuk mengenalkan masyarakat khususnya pelaku UMKM Desa Sumberejo  untuk menambah pengetahuan dan wawasan berupa bentuk informasi digital yang menarik dalam dunia berwirausaha. Pelatihan branding produk dengan fotografi merupakan pelatihan yang diberikan kepada sasaran masyarakat UMKM Desa Sumberejo.

Kegiatan Pelatihan Branding Produk dengan Fotografi ini dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga selesai. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, sambutan dari pihak Desa Sumberejo khususnya Dusun Sumbersari, kemudian ada pengarahan dari Mahasiswa KKN MBKM Universitas Negeri Malang. 

Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi tentang pemasaran produk melalui branding produk melalui fotografi yang akan disampaikan oleh Mahasiswa KKN MBKM Universitas Negeri Malang penyampaian materi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta UMKM mengenai pemasaran produk dengan media digital/gadget. Disini pemateri menjelaskan bagaimana cara mengedit desain sebuah logo, desain visual, dan desain kemasan produk.

Pemateri menjelaskan bagaimana membangun branding produk dengan baik, jadi cara membangun branding dengan baik ini ada beberapa cara yang menarik dan hal ini akan diingat oleh konsumen yaitu: 1) Memilih nama brand yang singkat dan mudah diucapkan, 2) Menentukan ciri khas produk, 3) Menentukan Brand dan logo merupakan cerminan produk, 4) Memasang  iklan dengan diskon yang akan menarik kepada  konsumen (disini kita menggunakan strategi marketing agar penjual juga tidak rugi saat memberikan diskon), 5) Ikut serta dalam pameran, bazar, atau event lainnya, 6) Memanfaatkan media sosial untuk ajang promosi, 7) Membuat varian baru, packaging yang baru dan menyuguhkan hal yang menarik konsumen (dan konsumen tidak menghiraukan berapa harga produk tersebut).

Sumber| https://www.kompasiana.com/dila67334/61e595fe80a65a04cc67d5d2/mahasiswa-mbkm-universitas-negeri-malang-melaksanakan-pelatihan-branding-dan-fotografi-untuk-meningkatkan-daya-jual-produk-di-desa-sumberejo-kabupaten-malanng