2024, PTNBH Naikkan Jumlah Mahasiswa Internasional

MALANG KOTA – Dua Perguruan Tinggi Negeri-Berbadan Hukum (PTN-BH) di Kota Malang bakal naikkan target jumlah mahasiswa internasional pada 2024 mendatang. Universitas Brawijaya (UB) mematok target kenaikan satu persen dibanding posisi saat ini. Itu artinya, pada 2024 mendatang UB bakal punya 1.400 mahasiswa internasional.

Sementara itu, Universitas Negeri Malang (UM) memasang target kenaikan 100 mahasiswa asing. Pada 2024 mendatang, mereka berharap bisa menampung 275 mahasiswa internasional program gelar.

Direktur Internasional Office UB Didik Hartono mengatakan, meski tahun ini target yang ditetapkan oleh UB belum terpenuhi, dia optimistis tahun depan UB mampu menambal kekurangannya. Karena itu, tahun depannya lagi, Didik itu berani menaikkan target jumlah mahasiswa internasional hingga 1 persen.

Saat ini, jumlah mahasiswa UB berkisar 70 ribu mahasiswa. Jika mematok target penambahan satu persen, seharusnya jumlah mahasiswa internasional mencapai 700 orang. Namun untuk saat ini baru terdapat 440 mahasiswa. Itu artinya masih ada kekurangan sebanyak 260 mahasiswa.

Didik mengaku akan meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait, utamanya perguruan tinggi di luar negeri. Hal itu ada kaitannya dengan program non-gelar yang bisa diikuti di UB. Sementara itu, untuk program degree, pihaknya akan menggenjot kualitas pendidikan melalui akreditasi internasional dan sosialisasi di kancah internasional.

Di bagian lain, Direktur Kantor Urusan Internasional UM Evi Eliyanah mengatakan, target untuk mahasiswa program gelar juga masih belum tercapai. Tahun ini, UM menargetkan ada sebanyak 175 mahasiswa internasional yang mengambil program gelar. Namun kuota yang terpenuhi baru sebatas 125 saja. “Artinya kami masih memiliki kekurangan 50 mahasiswa internasional untuk program gelar,” ujarnya.

Meski demikian, Evi itu menyebut target itu sudah tertutup oleh capaian program nongelar. “Kami punya banyak program nongelar, baik daring maupun luring. Selama ini program nongelar lebih banyak diminati karena pelaksanaannya relatif singkat,” terangnya.

Saat ini Evi mengaku sedang mendorong setiap fakultas untuk mempunyai program nongelar bagi mahasiswa internasional. Dengan begitu, diharapkan capaian jumlah mahasiswa internasional di UM bisa ditingkatkan. (dre/fat)

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/11/11/2022/2024-ptnbh-naikkan-jumlah-mahasiswa-internasional/