UM Gelar Pelatihan Aplikasi Permainan Untuk Belajar Bahasa Arab

MALANG – Di era digital saat ini, pembelajaran untuk anak berbasis game sudah menjadi kebutuhan. Guru Bahasa Arab dituntut untuk mampu mengajar dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar mengajar, di antaranya dengan menggunakan aplikasi permainan.

Menurut teori kerucut Edgar Dale, semakin banyak indra yang terlibat dalam aktivitas pembelajaran, akan semakin tinggi daya ingat peserta didik terhadap ilmu yang sedang dipelajari. Karena itu, Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pelatihan nasional yang digelar 4 dan 5 September 2021 lalu. Kegiatan tersebut hasil berkolaborasi Jurusan Sastra Arab, LP2M UM dan Forum MGMP Bahasa Arab Indonesia.

Pelatihan nasional yang digelar UM dan diikuti ratusan guru dan dosen. (ist)

Kegiatan dibuka Ketua Jurusan Sastra Arab UM Dr Hanik Mahliatussikah MHum. ”Sebagai guru harus bergerak cepat mengikuti perkembangan zaman. Siapa cepat ia kan dapat, siapa lamban ia tertelan, siapa malas ia akan tergilas dan tertindas,” ujarnya.

Kegiatan yang diikuti 370 guru dan dosen dari berbagai daerah di Indonesia ini memang menyajikan materi-materi yang menarik. Materi pertama tentang Pemanfaatan Nearpod untuk Pembelajaran kosa kata di TK/MI/SDI (Matching Pairs dan Time To Climb) disampaikan Dra Nur Anisah Ridwan MPd. Untuka materi kedua dengan tema Padlet dalam Pembelajaran Bahasa Arab disampaikan Dr Ibnu Samsul Huda MA.

Sementara materi tentang Pemanfaatan Aplikasi Slido dan Articulate Storyline Dalam Pembelajaran disampaikan oleh Ketua Forum MGMP Bahasa Arab Ahmad Makki Hasan MPd. Materi terakhir tentang Pemanfaatan Aplikasi Permainan Kahoot dan Quiziz dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar disampaikan oleh Dr Hanik Mahliatussikah, MHum.

Setiap materi yang disampaikan oleh narasumber diikuti praktik secara langsung oleh peserta. Suasana palatihan yang hidup dan diikuti banyaknya pertanyaan-pertanyaan teknis peserta menunjukkan semangat dan keinginan guru untuk bisa memanfaatkan aplikasi permainan ini sangat tinggi. Di akhir pelatihan hari pertama, tim pelaksana memberikan tugas kepada semua peserta untuk menerapkan secara mandiri aplikasi permainan yang telah dipelajari.

Di hari kedua pelatihan diwarnai demo hasil praktik para peserta pelatihan serta sesi pendampingan. Kegiatan diawali penyampaian materi pembuka oleh Nadiah Farida MPd tentang pemanfaatan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk anak.

Sesi pelatihan lantas dilanjutkan dengan presentasi dan demo perwakilan peserta. Kegiatan hari kedua ini lebih semarak lagi karena peserta bisa langsung konsultasi terkait pengalaman ketika menghadapi kendala dalam menerapkan aplikasi. Kemeriahan kegiatan pelatihan ini juga tampak pada beberapa peserta yang berhasil menjuarai permainan kemudian mendapatkan hadiah dari tim pelaksana kegiatan.

Panitia menutup kegiatan dengan informasi kesediaan untuk memberikan pendampingan, pembagian sertifikat dan pemberian hadiah bagi para peserta yang telah aktif selama kegiatan berlangsung.

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/29/09/2021/um-gelar-pelatihan-aplikasi-permainan-untuk-belajar-bahasa-arab/