Pendidikan Peristiwa Akhir Pandemi Tak Pasti, UM Gelar Wisuda ke-105 secara Virtual

Malang, SERU.co.id – Universitas Negeri Malang (UM) menggelar wisuda yang ke-105 tahun 2021, di Graha Cakrawala UM, Kota Malang, Sabtu (6/3/2021). Sama seperti halnya wisuda ke-102, 103 dan 104, wisuda kali ini dilaksanakan secara daring dan luring (hanya perwakilan fakultas).

Jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda ke-105 ini adalah 1.246 orang, terdiri dari 59 orang program Doktor; 132 orang program Magister; 1.031 orang program Sarjana, dan 24 orang program Diploma.

“Dengan pertimbangan kesehatan dan keselamatan kita semua, wisuda kali ini diselenggarakan secara daring. Prosesi wisuda virtual sudah dimulai UM sejak wisuda ke-102 pada Desember 2020 silam. Untuk itu, kami mohon para wisudawan dan orang tua dapat memakluminya,” ungkap Rektor UM, Prof Dr H AH Rofi’uddin, MPd, dalam pidato sambutannya.

Wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda sebanyak 950 orang, 18 orang di antaranya perwakilan mahasiswa asal Malang yang mengikuti wisuda luring dengan standar protokol kesehatan. Sementara sisanya, 296 mahasiswa tak turut serta dalam prosesi wisuda virtual itu.

“Memang ada sebagian lulusan tidak mengikuti wisuda virtual. Alasan mereka, ada yang masih berharap akan mengikuti wisuda ofline, meski kondisi saat ini tidak bisa dipastikan. Alasan lain, memang ada beberapa yang telat konfirmasi kehadiran wisuda virtual,” jelas Ketua Panitia Wusuda UM ke-105, Moch. Yunus.

Pengukuhan perwakilan wisudawan/Wati oleh Rektor UM. (ist) - Akhir Pandemi Tak Pasti, UM Gelar Wisuda ke-105 secara Virtual

Pengukuhan perwakilan wisudawan/Wati oleh Rektor UM. (ist)


Dari jumlah lulusan wisuda ke-105 di atas, empat orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Di antaranya:

– Program Diploma III (D3) diraih oleh Iqbal Fandana, AMd (Teknik Sipil dan Bangunan, Fakultas Teknik/FT) dengan IPK 3.62, lama studi 6 semester dan yudisium Dengan Pujian.

– Program Sarjana (S1) diraih oleh Nailatul Muhajiroh, SPd (Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi/FE) dengan IPK = 3,96, lama studi 7 semester dan yudisium Dengan Pujian.

– Program Magister (S2) diraih oleh Rina Ismawati, MPd (Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan/FIP) dengan IPK 3,99, lama studi 3 semester dan yudisium Dengan Pujian.

– Program Doktor (S3) diraih oleh Dr Iswandani Kaslan (Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra/PS) dengan IPK 3,96, lama studi 7 semester dan yudisium Dengan Pujian.

Sedangkan lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oIeh Ari Gunawan, S.Pd, mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi (FE).

Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 136.855 orang, terdiri atas 2.011 orang program Doktor; 10.447 orang program Magister; 104.688 orang program Sarjana dan Diploma III; 1.696 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang program Non Gelar. (rhd)

Sumber|https://seru.co.id/akhir-pandemi-tak-pasti-um-gelar-wisuda-ke-105-secara-virtual/