UM Gelar Orientasi PPG Prajabatan Gelombang 1, Diikuti 624 Mahasiswa Lintas Kampus

Malang, SERU.co.id – Universitas Negeri Malang (UM) gelar orientasi untuk peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang I. Kegiatan untuk kembangkan kualitas guru Indonesia ini, diikuti 624 mahasiswa lintas kampus seluruh Indonesia, di Graha Cakrawala (UM), Rabu (17/1/2024).

Ketua Program Studi PPG UM, Muhammad Alfan SPd MPd merasa bahagia dan bangga, UM masih diberi kesempatan dan kepercayaan, untuk menyelenggarakan PPG hingga saat ini. Mengingat, UM memiliki ciri khas tersendiri dalam memberikan mata kuliah elektif.

Rektor UM beserta jajarannya gelar PPG Prajabatan Gelombang 1. (ist) - UM Gelar Orientasi PPG Prajabatan Gelombang 1, Diikuti 624 Mahasiswa Lintas Kampus

Rektor UM beserta jajarannya gelar PPG Prajabatan Gelombang 1. (ist)

“PPG UM memiliki ciri khas, memberikan mata kuliah elektif, untuk menanamkan profesionalisme sebagai guru,” seru Alfan.

Alfan menyatakan, PPG kali ini diikuti oleh 624 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, yang bertujuan mengenalkan kampus UM di Kancah Nasional. Pada gelombang ini, UM membuka 9 jurusan.

“PPG kali untuk memperkenalkan kampus dan secara simbolis menjadi masa pertama penerimaan peserta sebagai bagian dari UM,” terang Alfan.

Alfan menuturkan, kepesertaan PPG UM kali ini melebihi tahun sebelumnya. Tak hanya diikuti oleh kepesertaan UM saja, melainkan juga diikuti dari kampus lainnya.

“Dikarenakan UM ini kampus pendidikan, jadi memiliki kuota yang banyak untuk PPG setiap tahunnya. Meskipun, pesertanya tidak sebanyak gelombang sebelumnya, namun ini merupakan peserta terbanyak dari kampus lain. Hal ini juga dikarenakan, masih dalam program beasiswa dari Kementerian,” tutur Alfan.

Alfan berharap, untuk peserta orientasi kali ini, mampu menggantikan posisi guru yang dalam masa pra-pensiun. Serta, mengembangkan nilai-nilai pendidikan di UM kedepannya.

“Semoga lulusan PPG UM ini, dapat menggantikan guru yang pensiun dan mendapatkan posisi yang layak. Serta, mampu menanamkan nilai-nilai UM nantinya,” harap Alfan.

Alfan juga menambahkan, melalui PPG UM ini dapat mewujudkan kampus unggul dalam inovasi pembelajaran. UM memberikan program seperti bela negara dan pramuka.

“Semoga UM selalu diberi kepercayaan dan bisa menambah jurusan lagi di tahun selanjutnya. Dengan adanya program lain, seperti bela negara dan pramuka,” imbuh Alfan.

Dosen Magister Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana UM, Slamet Arifin SPd MPd turut mengatakan, jumlah kepesertaan PPG memenuhi standar dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, Direktorat Pendidikan Profesi Guru.

“Pada gelombang kali ini, jumlah peserta PPG setengah dari gelombang sebelumnya, sesuai dengan jumlah dan jurusan yang diatur oleh Kementerian. Selain prajabatan, UM juga membuka PPG dalam jabatan (Daljab) yang sistemnya dilakukan secara daring,” kata Arifin.

Arifin menyatakan tidak kaget, bahkan terbiasa mempersiapkan acara seperti PPG ini. Karena, merupakan agenda setiap tahun, bahkan lebih dari satu kali dalam satu tahun.

“Waktu persiapan acara ini tidak panjang bahkan mendadak, tetapi karena sudah terbiasa, tidak ada kesulitan. Panitianya pun jarang diubah, sehingga mudah bagi kami untuk menyesuaikan,” ujar Arifin.

Terakhir, dalam acara ini juga terdapat beberapa pengarahan, tentang akun Siakad, Sipejar dan pemaparan beberapa materi dasar. Serta, pengenalan ketua di setiap jurusan. (ws9/mzm)

Sumber|https://seru.co.id/148396-um-gelar-orientasi-ppg-prajabatan-gelombang-1-diikuti-624-mahasiswa-lintas-kampus