Universitas Negeri Malang (UM) dan KONI Kota Malang Tingkatkan Kerjasama dalam Bidang Olahraga

Malang, 17 Desember 2023 – Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengukuhkan kerjasama di bidang olahraga dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang pada Sabtu, 16 Desember 2023.
 
Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Pj Walikota Malang, pengurus KONI Jawa Timur dan KONI Kota Malang, serta pengurus cabang olahraga se-Malang Raya.

Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Pj Walikota Malang, pengurus KONI Jawa Timur dan KONI Kota Malang (Dok. Humas UM)

 
Fokus kerjasama ini adalah untuk memperkuat hubungan antara UM dan KONI Kota Malang dalam konteks pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan SDM, dan tata kelola. Langkah ini juga melibatkan lima perguruan tinggi lainnya di Kota Malang.
 
Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Dr. Sapto Adi, M.Kes, menyatakan bahwa tujuan penandatanganan kerjasama ini adalah untuk meningkatkan prestasi keolahragaan.
 
Beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan KONI dalam memajukan sektor olahraga.
 
“Kerjasama ini merupakan langkah positif, karena dapat memberdayakan semua sektor, baik dari segi SDM maupun sarana prasarana. Dosen dan mahasiswa dapat berkolaborasi dengan KONI, sementara sarana prasarana dapat terus berkualitas dengan dukungan KONI. Atlet yang masih bersekolah juga dapat bergabung bersama UM, menciptakan sinergi yang lebih baik,” ucap Dr. Sapto Adi.
 
Jalinan kerjasama ini menjadi langkah konkret untuk meningkatkan potensi dan kebugaran atlet Kota Malang.
 
UM dan KONI Kota Malang telah menjalin hubungan erat sebelumnya, termasuk kerjasama dalam pengukuran kebugaran jasmani para atlet.
 
“Kerjasama sebelumnya melibatkan pengukuran kebugaran jasmani para atlet Kota Malang. Sebelum terjun ke kompetisi, penting untuk mengetahui tingkat kebugaran mereka, seperti kebugaran kardiovaskular, kelincahan, kecepatan, dan kelenturan. Informasi ini krusial untuk pemahaman kondisi atlet dalam mencapai prestasi dan medali,” tambah Dr. Sapto.
 
Mengetahui tingkat kebugaran sebelum bertanding memberikan tolok ukur bagi atlet dalam menilai potensi dan peluang meraih kejuaraan.
 
Kerjasama ini dianggap krusial untuk mendukung kemampuan atlet, dengan evaluasi dan penyesuaian treatment yang sesuai.
 
“Kerjasama ini mendukung kemampuan atlet dari evaluasi kebugaran hingga pemberian treatment yang sesuai. Informasi tentang kebugaran menjadi landasan untuk menentukan strategi dan evaluasi lebih lanjut,” pungkasnya.***
 

Sumber|https://www.zonamalang.com/malang-raya/universitas-negeri-malang-um-dan-koni-kota-malang-tingkatkan-kerjasama-dalam-bidang-olahraga/?show=all