Mahasiswa Teknik Elektro UM Kembangkan Wisata Bon Watu Sambigede

MALANG, NewMalangPos – Wisata Pemancingan Bon Watu yang berada di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang kini kondisinya lebih baik dari sebelumnya. Wisata ini sudah dipasang beberapa fasilitas penunjang. Seperti adanya fasilitas Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS). Sehingga lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

KOMPAK: Tim mahasiswa KKN Tematik Jurusan Teknik Elektro UM foto bersama dalam sebuah kegiatan

Fasilitas tersebut dirangkai dan diberikan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (UM). Mereka tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, yang tengah bertugas di desa tersebut. “Sebelumnya tidak ada penerangan. Hanya mengandalkan lampu dari warung-warung,” ujar Muhammad Koirudin Bakri, ketua tim KKN mahasiswa.

Mahasiswa juga mendukung dan berkolaborasi dengan tim pengabdian dosen jurusan Tata Boga. Yaitu pada akhir Maret lalu, dengan kegiatan pelatihan  produk olahan perikanan.

Beberapa program juga dicanangkan oleh mahasiswa teknik elektro dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan desa. Selain pengadaan fasilitas umum PJUTS mahasiswa juga memasang hiasan tulisan backlight di gapura masuk Wisata Pemancingan Bon Watu.

Mereka juga membuat video dokumenter dan Pengembangan dan pengelolaan website Desa Sambigede. “Video ini untuk menambah nilai lebih kekayaan budaya Sambigede dan menunjang promosi wisata bon watu,” terangnya.

Para mahasiswa juga menggelar seminar peningkatan ekonomi desa melalui pemasaran online pada UMKM. Mereka juga melakukan sosialisasi hemat energi terbarukan dan instalasi penyambungan untuk masyarakat desa. Pembuatan posko elektrik untuk warga desa dan edukasi ecoprint pada warga desa sambigede.

Pelaksanaan KKN Tematik di Desa Sambigede dilaksanakan sejak pertengahan Februari 2021. Semua program yang diagendakan selesai pada (6/4) lalu. Para mahasiswa mendapat bimbingan dari Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Tim KKN Tematik yang berjumlah 20 mahasiswa ini aktif berpartisipasi dalam melaksanakan semua kegiatan yang telah direncanakan. “Kami bersyukur semua program dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ungkap Bakri. (imm/ggs)

Sumber| https://newmalangpos.id/mahasiswa-teknik-elektro-um-kembangkan-wisata-bon-watu-sambigede