Papa Maria Membuat Ceria

Papa Maria Membuat Ceria

Belajar merupakan sebuah kewajiban bagi semua pelajar tak terkecuali untuk anak Taman Kanak-kanak (TK). Penyampaian materi yang sering dilakukan dengan cara yang kurang interaktif membuat siswa kurang tertarik untuk belajar.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Purwoasri, Singosari, Kabupaten Malang, bersama para guru membuat media pembelajaran yang disajikan dengan menarik dan interaktif untuk anak TK. Media pembelajaran adalah segala alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga tujuan dalam pembelajaran tersebut dapat tercapai dengan mudah.

Media pembelajaran mampu memperjelas informasi ataupun materi yang disampaikan karena media juga mampu berperan untuk meningkatkan motivasi siswa ketika pembelajaran berlangsung. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat menumbuhkan kreativitas para guru dalam mengemas sebuah pembelajaran agar para siswa dapat lebih bersemangat.

Papa Maria Membuat Ceria

ist

Menurut Diah, Kepala TK Dewi Sartika, media pembelajaran memang mampu membuat siswa bersemangat dan antusias dalam belajar. “Namun kadang-kadang media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Itu dapat dilihat dari sedikitnya media yang tersedia di sekolah,” katanya, Rabu (25/6).

Dalam kegiatan itu, mahasiswa bekerja sama dengan guru untuk membuat media pembelajarannya. Media yang dibuat adalah Papa Maria (Papan Membaca Ceria), media ini digunakan untuk mengajarkan anak mengenal nama-nama buah.

Para siswa dapat mengenal sekaligus menyusun setiap abjad menjadi nama buah itu. Media ini juga disertai dengan buku panduan, sehingga beberapa anak yang merasa kesulitan atau bahkan belum mengenal buah tersebut dapat mempelajarinya terlebih dulu.

Media pembelajaran ini terbuat dari bahan yang sangat sederhana dan ramah bagi anak. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah karton tebal, gambar buah, dan abjad yang telah dicetak, lakban, lem kayu, serta mika transparan. Alat yang digunakan adalah gunting, cutter, dan penggaris.

Meskipun terlihat sangat simpel, namun diharapkan media ini mampu menumbuhkan minat membaca dan mengenal huruf. Anak-anak senang mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dengan menempelkan gambar dan abjad.

Yuni Triana Dewi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang na.yuna10@gmail.com

Sumber dari: http://surabaya.tribunnews.com/2018/07/01/papa-maria-membuat-ceria

Leave a Reply

Your email address will not be published.