UM Berikan Fasilitas Terbaik pada UTBK-SNBT 2024, Cegah Praktik Kecurangan

 

Malang, SERU.co.id – Rektor Universitas Negeri Malang (UM) memantau langsung jalannya UTBK-SNBT 2024. Berbagai fasilitas keamanan dan 560 pengawas disiapkan demi transparansi dan efisiensi ujian. Dirinya memastikan, praktik kecurangan tidak akan terjadi.

Rektor UM, Prof Dr Hariyono MPd mengatakan, pemantauan dilakukan untuk melihat staf hingga pengawas dalam melayani calon mahasiswa. Pihaknya tidak ingin kecolongan adanya potensi ketidakjujuran saat ujian, seperti joki dan pemalsuan data.

“Kami ingin calon mahasiswa yang lulus adalah mereka yang benar-benar karena kemampuannya. Untuk itu, kami akan terus berbenah agar menjadi panitia yang baik. Kami berusaha memberikan layanan sebaik mungkin kepada peserta dari daerah maupun peserta disabilitas,” seru Rektor UM itu.

Rektor UM doakan para peserta SNBT lulus pada pilihannya masing-masing. (Seru.co.id/afi) - UM Berikan Fasilitas Terbaik pada UTBK-SNBT 2024, Cegah Praktik Kecurangan

Rektor UM doakan para peserta SNBT lulus pada pilihannya masing-masing. (Seru.co.id/afi)

Lebih lanjut, Prof. Haryono menyebutkan, sudah mengantisipasi percobaan kecurangan. Setiap ruangan ditugaskan dua pengawas dan ruangan server juga ada petugas ahli IT. Sehingga tidak memungkinkan manipulasi data dan jawaban.

“Untuk lebih menunjang keamanan, kami menggunakan fasilitas metal detector untuk menghindari kecurangan. Kami juga telah menugaskan 560 pengawas, terdiri dari dosen dan tenaga pendidik. Tidak hanya itu, 1.185 komputer utama dan 176 komputer cadangan juga disiapkan,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UM, Prof Dr H Ibrahim Bafadal MPd menyampaikan, pihaknya tidak henti mengingatkan kepada peserta agar tidak terlambat. Mengingat peserta juga berasal dari luar Malang yang mungkin belum mengetahui kemacetan di Kota Malang.

“Peserta yang terlambat masih kami layani masuk asalkan masih memungkinkan. Namun kalau terlambatnya sudah parah, tidak diizinkan karena pasti tak bisa mengejar keterlambatan. Kami sudah melakukan sesuai SOP, misalnya di gerbang sudah ada denah lokasi terpampang besar,” ungkapnya.

Terakhir, Prof. Bafadal menyebutkan, sekitar 80-an peserta SNBP tidak melakukan registrasi. Akhirnya, kuota yang tidak terpakai tersebut dialihkan ke jalur SNBT. (afi/mzm)

Sumber|https://seru.co.id/160403-um-berikan-fasilitas-terbaik-pada-utbk-snbt-2024-cegah-praktik-kecurangan