Universitas Negeri Malang Sediakan 56 Lokasi Ujian untuk UTBK SNBT, Tiap Sesi 1185 Peserta

 

SURYAMALANG.COM, MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) sebagai lokasi Seleksi Nasional Berdasarkan Test) menyiapkan 56 lokasi di kampus. UM tidak lagi bermitra dengan kampus lain dalam melaksanakan UTBK SNBT.

“Kami baru saja rapat tentang itu untuk persiapan pelaksanaan UTBK SNBT yang diawali pada 30 April 2024,” jelas Dr Imam Agus Basuki MPd, Koordinator Pelaksana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UM kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (2/4/2024). 

Untuk pelaksanaan UTBK di UM, daya tampungnya per sesi sebanyak 1.185 orang. Dan sehari ada dua kali sesi ujian. Pendaftaran UTBK dibuka pada 21 Maret hingga 5 April 2024.

Universitas Negeri Malang Sediakan 56 Lokasi Ujian untuk UTBK SNBT, Tiap Sesi 1185 Peserta

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati/Informasi tentang UTBK-SNBT dipasang di pintu gerbang kampus Universitas Negeri Malang (UM) di Jalan Veteran, Kota Malang, Selasa (2/4/2024). 

“Untuk jumlah lokasi ujian masih sama dengan tahun lalu. Tapi untuk data peserta yang ujian di UM saat UTBK belum diketahui karena pendaftaran kan masih ditutup pada 5 April 2024. Pengalaman tahun sebelumnya, biasanya menjelang ditutup biasa ramai pendaftar,” jawab Imam.

Bisa jadi calon peserta masih bingung menentukan prodi pilihan atau sebab lainnya. Sedangkan bagi siswa yang ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan tidak lolos baru bisa mendaftar ke UTBK SNBT setelah pengumuman SNBP pada 26 Maret lalu.

Sedangkan fasilitas di UTBK UM, ia menjelaskan tidak ada perubahan signifikan. Namun hanya terkait peningkatan spek komputer. Di mana jika dalam pelaksanaan UTBK tahun lalu, spek aplikasi Windows 8 masih boleh.

“Tapi tahun ini harus Windows 10 semua,” jawab dia.

Oleh karena itu akan dicek kondisinya. Apakah tinggal di update atau ada kemungkinan komponen atau PC harus diganti.

Untuk pengecekan komputernya sudah dilakukan sejak minggu lalu oleh teknisi. Sedang dalam waktu dekat akan ada ujicoba nasional terkait sistem agar komputer di seluruh pusat UTBK di Indonesia bisa diketahui kondisinya.

“Namun kami masih belum tahu jadwal uji cobanya. Yang jelas UTBK hari pertama pada 30 April 2024,” tambahnya.

Terkait keamanan di lokasi ujian, UM berencana memakai metal detector bagi peserta sebelum masuk ke ruang ujian. 56 Lokasi ujian UTBK SNBT memanfaatkan semua fakultas, GKB, perpustakaan, TIK dan lainnya.

Yang bisa ikut UTBK tahun ini adalah siswa lulusan tahun ini hingga tiga tahun terakhir. Menurut dia, peserta yang lolos SNBT dan tidak daftar ulang juga tidak bisa mendaftar di jalur mandiri.

Terpisah, Prof Dr Suyono MPd, Direktur Pendidikan UM menambahkan jika saat pelaksanaan UTBK di UM, kegiatan pembelajaran buat mahasiswa tetap dilaksanakan namun secara daring. 

“Sebab ruangnya dipakai semua. Di UM legal kok regulasinya hal ini berkaca dari masa pandemi Covid-19 lalu. Di mana untuk S1, maksimal daring 25 persen atau empat kali pertemuan. Sedang di S2, maksimal daring bisa 40 persen atau enam kali pertemuan.”

“Ya seperti menjelang Lebaran begini, dosen bisa menggunakan daring. Jadi tidak ada alasan tidak mengajar,” jawab dia.

Pelaksanaan UTBK SNBT 2024

Gelombang 1  : 30 April 2024, 2-7 Mei 2024

Gelombang 2  : 14-20 Mei 2024

Pengumuman : 13 Juni 2024

Pusat UTBK SNBT : 74

Sumber| https://suryamalang.tribunnews.com/2024/04/02/universitas-negeri-malang-sediakan-56-lokasi-ujian-untuk-utbk-snbt-tiap-sesi-1185-peserta.