Dosen UM Ciptakan Modul Inovatif untuk Tingkatkan Adaptasi Mahasiswa PPG

Dosen UM Ciptakan Modul Inovatif untuk Tingkatkan Adaptasi Mahasiswa PPG

Sabtu, 16 November 2024 – 16:15

TIMES MALANG, MALANG – Dosen Universitas Negeri Malang (Dosen UM) menyadari, kemampuan mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru seringkali menjadi tantangan tersendiri. Namun kemampuan tersebut penting untuk dimiliki oleh mahasiswa yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) agar dapat mengenali dan memahami lingkungan sekolah tempat mereka belajar dan bekerja.

Menyadari hal ini, tim penelitian dosen UM yang diketuai oleh Dr. Arbin Janu Setiyowati, M.Pd bersama tim dosen dan mahasiswa menginisiasi sebuah proyek pembuatan modul atau buku panduan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan adaptasi mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang sedang melaksankan PPL.

Dosen UM Ciptakan Modul Inovatif untuk Tingkatkan Adaptasi Mahasiswa PPG

Modul Inovatif untuk tingkatkan adaptasi mahasiswa PPG karya tim penelitian dosen UM. (Istimewa)

“Berdasarkan data yang didapatkan, mahasiswa membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri di sekolah, karena ketidakcocokan materi pembekalan PPL dengan realitas di lapangan. Singkatnya jarak pembekalan dengan pelaksanaan PPL,  serta minimnya latihan mengajar atau pemberian layanan, dan kurangnya kepercayaan diri, menjadikan mereka lama untuk beradaptasi,” ucap Dr Arbin.

Buku Panduan ini dirancang dengan pendekatan yang berbasis sosial dan emosional (SEL), serta dikembangkan menggunakan metode ADDIE. Sebelum produk benar-benar disebarluaskan untuk mahasiswa PPG terlebih dahulu dilakukan uji ahli oleh dosen yang kompeten dalam bidangnya.

“Materi yang disajikan mencakup pengenalan PPL di sekolah, budaya dan norma di sekolah, etika dan karakter luhur guru, membangun relasi dengan stakeholder di sekolah, mengenal peserta didik dan lingkungannya, keterampilan mengajar dan interaksi dengan siswa, dan kompetensi guru bimbingan dan konseling,” terangnya.

Buku panduan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk merasa lebih nyaman di lingkungan sekolah, lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan rekan, siswa, dan guru di sekolah, serta lebih siap menghadapi tantangan yang ditemukan di lapangan.

Buku Panduan yang dikembangkan ini dapat menjadi perantara pesan yang mudah diinternalisasi mahasiswa untuk kemudian dipraktikan secara nyata di sekolah. “Modul ini juga dilengkapi lembar kerja yang dapat melatih keterampilan mereka dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah tempat mereka melaksanakan PPL,”

Sumber|https://malang.times.co.id/news/pendidikan/8exsbizlom/Dosen-UM-Ciptakan-Modul-Inovatif-untuk-Tingkatkan-Adaptasi-Mahasiswa-PPG