Lulusan UM Ini Tulis Kamus Jurnalistik Bahasa Arab-Indonesia Pertama di Indonesia!

Infokampus.news, Malang – Shofi Maryam, mahasiswi lulusan UM jurusan Sastra Arab yang baru saja diwisuda beberapa waktu lalu (6/10) tak hanya menjadi pusat perhatian lantaran dirinya lulus sebagai wisudawan terbaik dengan IPK 3.88, namun dirinya juga menulis kamus jurnalistik pertama bahasa Arab-Indonesia. Mahasiswa yang aktif dalam bidang dakwah ini memaparkan kamus buatannya ini dihasilkan dari berbagai berita dan literatur berbahasa Arab.
“Saya dibimbing langsung oleh Prof. Nurul Murtadho dalam penulisan ini, jadi beliau memiliki buku yang menjadi salah satu rujukan yaitu buku bahasa Arab jurnalistik.” Terangnya pada wartawan.

BERITA KAMPUS UM

Mahasiswa ini berhasil menempuh masa studi selama 8 semester dan membuat kamus sebagai bahan skripsi. Ia menerangkan sebelumnya tidak ada yang membuat kamus bahasa Arab khususnya di bidang jurnalistik.
“Memang belum ada. Saya dibantu oleh Prof. Nurul menghimpun koran-koran berbahasa Arab, jurnal, dan banyak literatur lainnya. Koran-korannya sendiri ada banyak seperti Arab Times, Al Izzah, dan banyak lagi,” tukasnya.
Meskipun dalam proses pembuatannya ia terhalang banyak kegiatan seperti lomba, namun ia bersyukur mampu menyelesaikan pembuatan kamus sekaligus tugas akhir ini dalam waktu setahun. Ia juga bersyukur dosen pembimbingnya banyak memberikan kontribusi.
“Karena ini khusus di bidang jurnalistik, saya berharap kamus ini bisa dimanfaatkan adik-adik yang membutuhkan di bidangnya. Atau malah Bisa juga kalau ingin dikembangkan lagi,” tutupnya. (Pus)
Sumber dari: https://infokampus.news/lulusan-um-ini-tulis-kamus-jurnalistik-bahasa-arab-indonesia-pertama-di-indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published.