Ini Bermain Plus Belajar Fisika

Ini Bermain Plus Belajar Fisika

Gerak harmonis sederhana (GHS) adalah salah satu materi dalam pelajaran Fisika. Itu didapatkan di jenjang SMA sederajat pada siswa SMA kelas X semester genap.

GHS adalah materi yang mempelajari tentang gerak bolak-balik benda melalui suatu titik kesetimbangan tertentu dengan banyaknya getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan. Pemahaman yang baik atas konsep GHS dapat dijadikan dasar untuk mempelajari berbagai gerakan benda-benda yang diganggu dari posisi setimbangnya, fenomena gelombang makroskopis, dan fenomena kuantum.

Mengingat pentingnya GHS dalam kehidupan sehari-hari maka diperlukan pemahaman konsep dengan meminimalkan kesulitan. Namun, permasalahan yang terjadi saat ini adalah siswa merasa sulit dalam memahami materi gerak harmonis sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan, meskipun siswa telah diberikan pembelajaran dengan creative problem solving, namun siswa masih mengalami kesulitan. Kesulitan itu terjadi dalam memahami dan menemukan ide dari masalah yang diberikan.

Selain itu, berdasarkan observasi awal yang dilakukan tim peneliti di SMAN 9 Malang, siswa mengaku pembelajaran Fisika sering monoton. Kurangnya aktivitas siswa menimbulkan kesan menegangkan dalam pembelajaran Fisika, terlebih saat proses penilaian guru di kelas.

Mengatasi permasalahan itu, tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Badi’atus Sholihah (Fisika), Rani Wahyu Andani (Fisika), dan Izzatun Navis (Matematika) di bawah bimbingan Nurul Hidayat, merancang model pembelajaran baru, Juni 2018. Seperangkat model pembelajaran itu dinamakan GATA-Fisika. Penelitian ini lolos seleksi pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang skim Penelitian Sosial Humaniora 2018.

GATA-Fisika menggunakan pendekatan permainan tradisional engklek yang dikemas secara menarik, dilengkapi dengan fenomena yang disajikan dalam teknologi macromedia flash.

Tidak hanya melatih berhitung, pada GATA-Fisika juga ditekankan pemahaman konsep serta penumbuhan kerja ilmiah sehingga dapat memaksimalkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa.

Keunggulan lain dari GATA-Fisika adalah membantu guru agar dapat memberikan feedback langsung kepada siswa, sehingga materi bisa tersampaikan secara langsung dan utuh. Selain itu, pentingnya arti kerja sama sebuah tim yang berguna untuk melatih budaya gotong royong antarsiswa.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, GATA-Fisika terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Terakhir, Rani berharap nantinya GATA-Fisika bisa dikembangkan lebih lanjut dan diimplementasikan pada sekolah-sekolah di Indonesia.

Izzatun Navis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang Instagram: @navisiis

sumber dari: http://surabaya.tribunnews.com/2018/07/01/ini-bermain-plus-belajar-fisika

Leave a Reply

Your email address will not be published.