Dosen Universitas Negeri Malang Ajari Pekerja Migran Indonesia di Taiwan dalam Mengelola Keuangan

SURYAMALANG.COM, MALANG – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) melakukan program pengabdian masyarakat luar negeri dengan menggelar pelatihan tentang pengelolaan keuangan yang berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tainan di Taiwan. Sasarannya adalah pekerja migran Indonesia di Tainan, Taiwan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para pekerja migran di Tainan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan mereka secara efektif.”

“Sehingga memiliki literasi keuangan yang baik untuk merencanakan masa depan,” ungkap Dr Rizky Firmansyah SE MSA AWP CSRS CAP CRA, ketua tim pengabdian dalam rilisnya kepada SURYAMALANG.COM, Senin (19/8/2024).

Dosen Universitas Negeri Malang Ajari Pekerja Migran Indonesia di Taiwan dalam Mengelola Keuangan

UM/Dosen FEB Universitas Negeri Malang (UM) melakukan program pengabdian masyarakat luar negeri dengan menggelar pelatihan pengelolaan keuangan yang berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tainan di Taiwan. 

Dikatakannya, Taiwan merupakan salah satu tujuan dari para pekerja migran Indonesia. Berdasarkan laporan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) mencapai 274.965 orang sepanjang 2023.

Di sepanjang 2023, mayoritas PMI ditempatkan di Taiwan, yaitu sebanyak 83.216 orang. Jumlah itu setara 30,26 persen dari total populasi pekerja migran Indonesia pada periode sebelumnya.

“Salah satu destinasi pekerja migran Indoneisa di Taiwan adalah Kota Tainan yang merupakan salah satu kota terpadat di Taiwan.”

“Hampir dua per tiga dari total populasi terkonsentrasi di wilayah selatan Sungai Zengwun. Untuk itu, sangat tepat kegiatan pengabdian ini kita lakukan di Tainan”, tambah  Dediek Tri Kurniawan SE MM, salah satu anggota tim pengabdian.

Pada tahap awal pengabdian ini dilaksanakan secara hibrid.

Tahap selanjutnya akan dilaksanakan secara luring atau langsung di Tainan pada akhir Agustus nanti.

Pada kegiatan awal secara hibrid, PPI Tainan mendamping PMI Tainan di Forum Kerukunan Keluarga Besar Warga Indonesia di Taiwan.

Perencanaan keuangan bagi para migran, khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) memiliki peran yang sangat krusial. Tak hanya mengatur pengeluaran, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk mencapai tujuan finansial dan menjamin masa depan yang lebih baik.

Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini mendapat sambutan positif oleh para pekerja migran Indonesia di Tainan. Para peserta mengaku sangat terbantu dengan materi yang disampaikan dan berharap dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini juga diharapkan memperkuat kolaborasi para pelajar Indonesia di Tainan dengan dosen UM untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat buat mereka.

Sumber| https://suryamalang.tribunnews.com/2024/08/19/dosen-universitas-negeri-malang-ajari-pekerja-migran-indonesia-di-taiwan-dalam-mengelola-keuangan.