PKKMB UM 2024: Cukup Meriah, Mengambil Tema Lustrum XIV Kampus

CITILIVE – (17/8/24) Sebagai kampus pendidikan, pelaksanaan PKKMB UM 2024 disesuaikan dengan “character building” yang ada. Dilandasi dengan Pancasila, PKKMB UM dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2024, yang bertepatan dengan hari lahirnya Indonesia yang ke-79.

Susana hikmat karena kita juga menghargai jasa pahlawan dan detik-detik proklamasi. Sebagai bentuk maupun awalan menempa kehidupan di kampus dan ingat akan jasa-jasa pahlawan sebagai penerus bangsa.

Pembukaan PKKMB disamakan dengan tahun kemarin dengan tanggal dan tempat yang sama, Stadion Cakrawala. Upacara Kemerdekaan sekaligus pembukaan PKKMB dihadiri oleh para Dosen maupun Tenaga Kependidikan, Rektor, Mahasiswa Baru Diploma, S1, S2, dan para Tamu/Undangan yang ada.

PKKMB UM 2024: Cukup Meriah, Mengambil Tema Lustrum XIV Kampus

Tema yang diambil dalam PKKMB kali ini disesuaikan dengan tema Lustrum tahun ini, yaitu “Sehat Bahagia, Prestasi Mendunia“. Mencerminkan semangat UM dalam mewujudkan kampus yang berkualitas dunia dan berkelanjutan, selaras dengan nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs), sesuai penjelasan di laman resmi UM.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjut dengan Upacara Bendera RI ke-79 yang ditutup oleh pidato Bapak Rektor UM, Prof. Dr. Haryono, M.Pd selaku Pembina Upacara, serta Pembacaan UUD 1945 oleh petugas upacara

Pemakaian selempang fakultas oleh Rektor kepada perwakilan mahasiswa baru

Disampaikan kepada peserta upacara, tentang profil universitas, jumlah mahasiswa baru, dan prestasi UM sendiri.

“Jumlah Mahasiswa Baru untuk S1 10.480 lebih dan untuk mahasiswa Pascasarjana hampir 2.000 mahasiswa, dan masih ada mahasiswa yang dalam perjalanan karena ada kontrak kerja sama dengan beberapa pemerintah daerah”, ujar Prof. Haryono.

Selain itu, Prof. Haryono juga merasa bangga akan kinerja baik dari pegawai UM, yang mana dijelaskan dalam pernyataan beliau:

“UM merupakan salah satu universitas yang taat betul, sehingga semua pejabat mulai dari Kaprodi, Ketua Lab, Rektor, semuanya tidak takut lapor harta kekayaan disampaikan kepada KPK. Demikian pula, kepada rekan-rekan dosen yang sangat baik dalam mengajar dan tanggung jawab akan kinerjanya. Terima kasih”.

Baca Juga:  Pemilihan Kakang Nimas Kota Batu 2022, 10 Pasang Finalis Audiensi dengan Wali Kota Batu

Setelah Upacara Hari Kemerdekaan selesai, dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada para dosen yang terpilih, Penyematan Tanda Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Rektor dengan pemakaian selempang kepada perwakilan mahasiswa baru sesuai dengan fakultasnya masing-masing.

Dilanjut Pembukaan secara Simbolik PKKMB 2024 oleh Rektor UM sekaligus perkenalan diri dari setiap Dekan Fakultas Universitas Negeri Malang. Acara diakhiri dengan Flashmob dan Paper Mob UM.

Flash mob jingle UM

PKKMB dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 17-23 Agustus 2024, dengan 2 hari pertama di tingkat universitas, dan 5 hari selanjutnya di fakultas masing-masing. Untuk PKKMB UM sendiri mengundang para tokoh terkenal dan hebat, mulai dari Dahlan Iskan, Pak Idham Fitriyadi, Pak Jonathan, dan Pak Sugidi. Hal ini dilengkapi oleh pernyataan Ibu Novi, selaku Kemahasiswaan UM:

“Ya kebetulan untuk di tingkat universitas kita ada tokoh tokoh nasional kita B-ONE dengan teknologinya. Kemudian ada Pak Islan dalam kebangsaannya. Kemudian Pak Sugidi juga kebangsaannya. Pak Jonathan lebih ke PT. INAKAS”.

Selama proses kegiatan, pasti ada pesan dan kesan dari Maba UM 2024. Bisa disampaikan oleh Naufal, salah satu mahasiswa S1 Pend. Teknik Informatika, yang mana:

“Seru walau panas panasan, berdiri berjam jam semuanya terbayar sama kegiatan di day 1 ini”.

Tak kalah seru juga, dari jawaban Nazara mahasiswa S1 Pend. Tata Boga:

“Seneng banget bisa ngikutin pkkmb um dapet banyak temen baruu pokoknya seru bangettttt”.

Harapan mahasiswa baru berkuliah di UM pasti macam-macam dan ingin menjadi yang terbaik untuk dirinya sendiri maupun berkontribusi untuk UM.

“Semoga saya bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi dan berdampak baik bagi Universitas Negeri Malang”, tegas Naufal

⁠”Harapannya semoga aku bisa menjadi mahasiswa yang aktif dan mampu menjalin hubungan yang baik dengan teman teman”, ujar Nazara.

“Harapan saya bisa mewujudkan goal-goal yang saya impikan dari kemarin agar terlaksana dan di UM sendiri juga menyediakan fasilitas yang mendukung apa yang saya butuhkan, terkhusus bakat dan skill. Untuk UM sendiri, harapannya bisa ngalahin univ-univ top di Indonesia!, pungkas Adelia, mahasiswa S1 Matematika UM.

Pastinya, PKKMB ini memberikan kesan yang berbeda di setiap mahasiswanya. Pastikan bahwa acara ini mampu memberikan gebrakan bagi mahasiswa .dalam berpikir kreatif!

Sumber|https://malanglive.livetoday.id/citilive/pkkmb-um-2024-cukup-meriah-mengambil-tema-dari-lustrum-xiv-kampus/