11.000 Mahasiswa Baru UM Ikuti PKKMB Selama Sepekan

Malang, SERU co.id – Sekitar 11.000 mahasiswa baru (maba) Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung mulai Sabtu-Jumat (17-23/8/2024). Diawali dengan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) di Stadion Cakrawala UM, Sabtu (17/8/2024).

Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof Dr Hariyono MPd mengatakan, pelaksanaan PKKMB selalu diawali dengan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Tahun 2024, UM menerima 11.000 mahasiswa baru (maba), 10.400 maba di antaranya pada jenjang D3 dan S1.

11.000 Mahasiswa Baru UM Ikuti PKKMB Selama Sepekan

Rektor UM bersama perwakilan pasangan maba UM tiap fakultas usai penyematan selendang fakultas. (foto: rhd)

 

“Selamat datang kepada saudara-saudara mahasiswa baru, anda telah terpilih menjadi civitas akademika UM menyisihkan ribuan pendaftar yang tidak terpilih oleh sistem seleksi. Mulai hari ini, UM akan memberikan bekal keilmuan sesuai dengan bidang masing-masing maba,” seru Prof Hariyono, sapaan akrabnya, dalam sambutan seremonial pembukaan PKKMB, di Stadion Cakrawala UM, Sabtu (17/8/2024).

11.000 Mahasiswa Baru UM Ikuti PKKMB Selama Sepekan

Pengenalan jajaran Senat, Rektor dan Dekanat UM sembari menyapa para maba, usai upacara Hari Kemerdekaan ke-79 RI. (foto: rhd)

Prof Hariyono berpesan, jadikan belajar di UM menjadi prioritas yang pertama, dan prioritas utama untuk menyiapkan masa depan. Harapannya setelah lulus nanti menjadi orang yang memiliki integritas dan moralitas dalam menjalankan kehidupan, memecahkan masalah yang ada secara kritis dan inovatif. Disamping memiliki pengetahuan yang luas dan ketrampilan yang memadai.

“Anda akan dididik oleh para dosen, para guru besar, dan para ilmuwan yang memiliki kinerja baik dan akan dilayani oleh para tenaga kependidikan dengan baik. UM dengan motto ‘Excellent in learning Innovation’ akan mendidik para mahasiswa secara humanis, holistik, kritis dan inovatif. Semoga anda akan menjadi ‘problem solver’ di masyarakat setelah lulus nanti,” pesannya.

11.000 Mahasiswa Baru UM Ikuti PKKMB Selama Sepekan

Koreografi menyambut dan menghibur Maba UM. (foto: rhd)

Dirinya berharap, setiap warga UM dapat menginternalisasi tema lustrum ke-14 UM yaitu ”Sehat, Bahagia, dan Prestasi Mendunia’. Sehat bukan semata-mata kesehatan jasmani, namun juga kesehatan berpikir dalam berkarya dan berinovasi. Orang yang sehat dalam berpikir akan dapat bekerja dengan bahagia.

“Bahagialah menjadi bagian dari UM, bahagia menghasilkan karya-karya akademik yang inovatif, sehingga prestasi UM dapat dikenal di dunia. Dengan sehat dan bahagia, kita akan dapat menghasilkan karya-karya inovatif, mengembangkan kreativitas dan berprestasi, hingga dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr Henny Kusdiyanti SPd MM mengatakan, tradisi PKKMB selalu dilaksanakan mulai 17 Agustus setiap tahun hingga ditutup pada 23 Agustus. Berlangsung selama sepekan dikemas dalam PKKMB tingkat Universitas dan tingkat Fakultas.

“PKKMB ditandai dengan penyematan selendang oleh Rektor kepada perwakilan pasangan maba putra-putri dari 10 Fakultas di UM. Tahun 2024, PKKMB Universitas dilaksanakan dua hari Senin-Selasa (19-20/8/2024). Sisanya PKKMB di tingkat Fakultas,” jelas Henny, sapaan akrabnya, kepada SERU.co.id, usai seremonial pembukaan PKKMB, di Stadion Cakrawala UM, Sabtu (17/8/2024).

Tujuan umum PKKMB UM 2024, untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru, agar dapat lebih mudah dan lebih cepat beradaptasi. Terutama dengan lingkungan kampus UM dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Disebutkannya, selama PKKMB tingkat Universitas, UM menghadirkan sejumlah tokoh nasional untuk memberikan motivasi maupun kuliah tamu kepada mahasiswa baru. Sementara PKKMB tingkat Fakultas, ada kegiatan rangkaian pembinaan character building yang disematkan, namun bukan bagian agenda PKKMB.

“Sebab pendidikan karakter yang diberikan sesuai kebutuhan masing-masing Fakultas. Contohnya FMIPA, karakter building yang diberikan berupa scientific (ilmiah),” terangnya.

Mengusung tema “Sehat, Bahagia, dan Prestasi Mendunia” sebagaimana tema lustrum ke-14 UM. Flashmob UM mengusung beberapa formasi. Di antaranya 10 formasi tentang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Negeri Malang (UM), 10 formasi tentang kebangsaan, dan sisanya tentang PKKMB.

Pengalaman kali pertama dirasakan Maba FMIPA UM, Andhika asal Jakarta Barat. Meski baru empat hari menginjakkan kaki di Bhumi Arema, Andhika mengaku betah tinggal di Kota Malang. Dan berharap, PKKMB yang dijalani menjadi pengalaman baru yang berkesan.

“Sejak mengikuti pembekalan hingga PKKMB hari pertama ini, asyik-asyik aja sih. Meski berada di tengah lapangan, masih sejuklah dibandingkan di Jakarta, panas banget,” ungkap Andhika. (rhd)

Sumber|https://seru.co.id/169198-11-000-mahasiswa-baru-um-ikuti-pkkmb-selama-sepekan