UM Jadi Miniatur Nusantara: Peringati HUT RI ke-79 bersama 11 Ribu Maba

August 17, 2024

MALANG POST – Universitas Negeri Malang (UM) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 yang bertema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Sekaligus membuka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Stadion Cakrawala UM pada Sabtu (17/8/2024).

Menariknya, mereka mengenakan berbagai kostum. Mulai baju adat daerah, budaya, hingga Almamater bagi 11 ribu mahasiswa baru (maba) UM.

REKTOR: Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyampaikan pidato dalam upacara HUT RI ke-79 di Stadion Cakrawala. (Foto: Istimewa)

Dibuka langsung oleh Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., beserta jajaran, Pembukaan PKKMB ini terlihat begitu meriah dengan ditandai dengan penembakan gelembung balon dan flashmob serta tampilan tampilan lainya.

Dalam pidatonya Prof Hariono menjelaskan bahwa Peringatan Hari Kemerdekaan memiliki makna untuk selalu menimbulkan rasa patriotisme.

Hari Kemerdekaan merupakan sebuah momentum yang mendorong penerus bangsa untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.

“Sesuai dengan Tema HUT RI tahun ini yang menggambarkan semangat Bangsa Indonesia dan visi optimis menuju masa depan yang lebih baik”, urainya.

“Tema ini menegaskan langkah strategis bangsa menuju masa depan yang lebih baik. Sejalan dengan semangat persatuan dan kesetaraan dalam mencapai tujuan-tujuan nasional,” ungkap Prof. Hariyono.

“Tentu diharapkan semangat ini akan memantik rasa patriotisme dan cinta tanah air. Bisa menjadi sebuah identitas dan rasa tanggung jawab setiap warga negara indonesia, yang pada akhirnya menjadi identitas bangsa,” tegasnya.

Dikatakan, PKKMB UM kali ini bertajuk Lustrum ke-14 UM yakni Sehat, Bahagia dan Prestasi Mendunia. Bermakna bahwa PKKMB ini bukan semata-mata soal kesehatan jasmani. Namun kesehatan berpikir dalam berkarya dan berinovasi.

“Dengan sehat dan bahagia, kita akan dapat menghasilkan karya karya inovatif, kreatif dan berprestasi. Kami ingin prestasi para mahasiswa dikenal masyarakat Indonesia dan dunia,” harapnya

Terakhir Prof hariono juga mengajak seluruh civitas akademika UM untuk terus berinovasi dalam pembelajaran, sesuai dengan slogan UM, “Excellence in Learning Innovation.”

Dengan kehadiran dari 11.000 mahasiswa baru jenjang sarjana dan hampir 2.000 mahasiswa pascasarjana, Prof. Hariyono menegaskan komitmen UM sebagai kampus inklusif yang menghargai keberagaman.

Sementara itu Dr. Heni Kusdianti selaku Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, juga menjelaskan bahwa ini adalah sebuah tradisi dari UM.

UM memang memiliki tradisi memulai PKKMB bersamaan HUT RI. Tahun ini pelaksanaan PKKMB ini dimulai pada 17-23 Agustus 2024.

Sebanyak 11 ribu maba ini berasal dari 10 fakultas di kampus UM baik S1 maupun S2. Pendidikan karakter akan ditanamkan kepada para maba.

Dalam proses PKKMB, wawasan kebangsaan hingga perguruan tinggi juga akan diberikan selama masa PKKMB ini.

Kemudian untuk Pendidikan karakter sendiri akan disesuaikan dengan Fakultas masing-masing. Sejalan dengan bidang keahlian yang dipilihnya di jurusan. (ADV- M Abd Rachman Rozzi-Januar Triwahyudi)

Sumber|https://malang-post.com/2024/08/17/um-jadi-miniatur-nusantara-peringati-hut-ri-ke-79-bersama-11-ribu-maba/