FIS UM Bangun Aviary, Upaya Konservasi dan Ciptakan Kampus yang Nyaman

1 Agustus 2024, 09:10 WIB
 
MALANGRAYA.CO – Terobosan dilakukan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM). Fakultas yang identik dengan warna ungu tersebut sekarang memiliki aviary. Selain sebagai bagian dari upaya konservasi fauna, juga diharapkan dapat membuat suasana kampus menjadi lebih nyaman dan asri.
 
“Selain dalam bidang akademik, kami juga ingin menghadirkan kampus sekaligus konservasi untuk melestarikan beberapa flora dan fauna,” ujar Dekan FIS UM, Dr. Ari Sapto, M.Hum., dalam keterangan resminya.
 
Upaya pelestarian lingkungan ini, sambung dia, mencakup penanaman berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman obat keluarga atau toga serta mengakomodasi tanaman yang dibawa mahasiswa baru. Sementara itu, konservasi fauna diwujudkan dengan membangun aviary.
 
“Awalnya, aviary ini cuma sebatas gabungan beberapa sangkar, kemudian lama-kelamaan bertambah banyak sehingga muncul gagasan untuk membuat aviary ini,” lanjut Dr. Ari Sapto.
 
Di dalam aviary ini, sengaja dibudidayakan spesies burung secara berpasangan untuk memungkinkan berkembang biak. Terbukti, beberapa jenis spesies tersebut sudah bertelur.
 
“Beberapa jenis spesies yang ada di aviary milik FIS ini antara lain derkuku, murai batu, jalak uret, lovebird, perkutut, dan lainnya,” tutur orang nomor satu di FIS UM tersebut.
 
“Sementara itu, sebagai upaya perawatan, kami telah menunjuk satu orang sebagai penanggung jawab khusus,” tambah alumni IKIP Malang ini.
 
Menurut Dr. Ari Sapto, selama berbulan-bulan sejak dibangun, keberadaan aviary ini mendapatkan respons positif dari sivitas FIS UM. Pasalnya, aviary ini membuat suasana menjadi lebih nyaman dan asri, sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas dan kinerja mereka.
 
“Selain internal sivitas FIS UM, keberadaan aviary ini juga menarik perhatian setiap kali ada kunjungan tamu dari luar kampus karena memang fasilitas tersebut jarang dibangun di lingkungan kampus,” imbuh Dosen Departemen Sejarah UM tersebut.
 
Ke depan, FIS UM memiliki rencana untuk menambah koleksi hewan sehingga dapat terus menghadirkan nuansa alami di sekitar fakultas. Tentu saja, dengan mempertimbangkan regulasi dan kolaborasi dengan pihak terkait.
 
“Dengan adanya aviary ini, kami berharap dapat terus ikut andil dalam melindungi dan melestarikan flora dan fauna, karena memang tidak selamanya fauna akan dikurung di aviary. Ketika nanti semakin banyak, kami akan melepas fauna tersebut ke alam bebas,” pungkas dia.**
Sumber|https://malangraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-3628395648/fis-um-bangun-aviary-upaya-konservasi-dan-ciptakan-kampus-yang-nyama