Tiga Dosen UM, Lakukan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik Se- Kabupaten Bondowoso

Selasa, 11 Juni 2024 | 11:40 WIB

MALANG – Tiga Dosen Universitas Negeri Malang lakukan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah layak jurnal nasional ber-ISSN berbasis sitasi ONLINE, PTK-PTS, dan praktik baik bagi Tenaga Pendidik se-Kabupaten Bondowoso, 29-30 Mei 2024 di Aula MAN Bondowoso. para Dosen UM tersebut adalah Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd, Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd, dan Dr. Sultoni, M.Pd dari Departemen Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM.

Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini antara lain meningkatkan kompetensi menulis karya ilmiah, membekali tenaga pendidik dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menulis karya tulis ilmiah yang memenuhi standar publikasi di jurnal nasional ber-ISSN.

Dosen UM yang juga Kepala Pusat Media dan Sumber Belajar LPPP UM, Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd memberikan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah layak jurnal nasional ber-ISSN berbasis sitasi ONLINE,

Dosen UM yang juga Kepala Pusat Media dan Sumber Belajar LPPP UM, Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd memberikan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah layak jurnal nasional ber-ISSN berbasis sitasi ONLINE,

’’Kami berharap atas terselenggaranya kegiatan ini dapat memfasilitasi akses yang lebih luas dan mudah terhadap literatur dan referensi ilmiah melalui sitasi online, sehingga tenaga pendidik dapat memperkaya wawasan dan rujukan dalam penulisan karya ilmiah,’’ jelasnya.

Selain itu Dosen yang sekaligus sebagai Kepala Pusat Media dan Sumber Belajar LPPP UM ini juga menambahkan pendekatan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) memberikan kesempatan bagi tenaga pendidik untuk mengaplikasikan teori ke dalam praktik nyata, sehingga karya tulis yang dihasilkan lebih relevan dan aplikatif.

“Dalam jangka panjang program ini akan memberikan manfaat peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bondowoso yang profesional dan berkompeten. Kami juga akan membangun komunitas belajar di antara tenaga pendidik yang saling mendukung dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam penulisan karya ilmiah, sehingga tercipta budaya akademik yang kuat dan kolaboratif,’’ tambahnya.

Selain itu target atas pendampingan ini juga diharapkan mampu mempublikasikan artikel ilmiah pada berbagai jurnal nasional dan internasional, khususnya Jurnal Pendidikan Lentera (JPL) Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso.

Pendampingan dilaksanakan melalui mekanisme IN-ON-IN. Pelaksanaan IN-1 telah dilaksanakan mulai tanggal 29 s.d 31 Mei 2024, bertempat di aula Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, melalui model kerjasama dengan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bondowoso dan Yayasan at Taqwa Bondowoso.

ON dilaksanakan dalam bentuk penugasan penyelesaian artikel ilmiah yang dipantau bersama oleh tim Universitas Negeri Malang dan tim JPL Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso melalui platform TRELLO. Platform tersebut juga memungkinkan pengawasannya dilakukan oleh masing-masing peserta, untuk saling memberikan masukan penyempurnaan artikel tersebut. Penugasan dalam bentuk ON tersebut dilaksanakan selama satu bulan, mulai 31 Mei – 30 Juni 2024.

Sedangkan IN 2 dilaksanakan tanggal 1 Juli 2024 untuk finalisasi draf akhir dan telah memenuhi syarat untuk didistribusikan ke jurnal-jurnal nasional, khususnya JPL.

Kegiatan yang berlangsung selam tiga hari ini diikuti oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs, dan MAN s se-Kab. Bondowoso, serta beberapa peserta dari Dinas Pendidikan Bondowoso.

Pewarta: Suhardi – Humas UM

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/814747656/tiga-dosen-um-lakukan-pendampingan-penulisan-karya-tulis-ilmiah-tenaga-pendidik-se-kabupaten-bondowoso