Bersama Dispusip Jatim, D4 Perpustakaan Digital UM Siap Tingkatkan Inovasi di Bidang Perpustakaan

Senin, 10 Juni 2024 | 11:56 WIB

MALANG – Program Studi Sarjana Terapan (D4) Perpustakaan Digital Universitas Malang (UM) berkomitmen memperluas relasi dalam bersinergi untuk kemajuan institusi melalui Penandatanganan Komitmen Bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur (Dispusip Jatim) di Elmi Hotel, Surabaya. Acara penandatanganan tersebut turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Vokasi (FV) UM, Ketua Program Studi D4 Perpustakaan Digital FV UM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur beserta jajaran pimpinan.

Penandatanganan Komitmen Bersama ini mencakup berbagai bidang kerjasama strategis untuk mendukung pengembangan pendidikan dan layanan perpustakaan di era digital dengan tujuan meningkatkan mutu kualitas dosen dan mahasiswa yang fokus pada pengembangan kompetensi sumber daya manusia di bidang perpustakaan.

Ibu Tiat. S. Suwardi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa kerjasama yang dijalin dengan UM ini sangat strategis untuk mencapai tujuan yang diinginkan. “Kami berkomitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan UM dalam berbagai program untuk meningkatkan kualitas perpustakaan dan layanan informasi di provinsi ini,” ungkap Ibu Tiat. S. Suwardi.

Penandatanganan komitmen ini meliputi beberapa aspek, mulai dari peningkatan kompetensi sumber daya manusia, pengembangan akademik dan kurikulum, penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, hingga kegiatan bersama dalam pengembangan inovasi di bidang perpustakaan dan perpustakaan digital. Selain itu, kerjasama ini juga akan berfokus pada pengembangan laboratorium pembelajaran untuk Prodi D4 Perpustakaan Digital, serta peningkatan tata kelola dan sarana prasarana Laboratorium Perpustakaan Digital.

Lebih Lanjut Ibu Tiat. S. Suwardi, menyatakan, “Kolaborasi bersama D4 Perpustakaan Digital UM yang dimulai bulan ini tepatnya tanggal 5 Juni 2024 ini akan memberikan manfaat besar tidak hanya bagi dosen dan mahasiswa, tetapi juga bagi masyarakat luas yang akan menikmati layanan perpustakaan yang lebih baik.” Ia berharap bahwa dengan adanya komitmen ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan Prodi D4 Perpustakaan Digital UM bisa menjadi pelopor dalam pengembangan perpustakaan digital di Indonesia.

Dengan adanya komitmen ini, diharapkan tercipta sinergi yang kuat antara UM dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Dekan FV UM, Dr. Muladi, S.T., M.T. mengatakan, “Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan pengembangan di bidang perpustakaan digital, serta memperkuat peran perpustakaan sebagai pusat sumber belajar yang relevan dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.”

Mahasiswa dan dosen yang hadir dalam acara tersebut menyambut baik kerjasama ini. Mereka berharap bahwa dengan adanya kolaborasi ini, peluang untuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan keahlian di bidang perpustakaan digital akan semakin terbuka lebar. Selain itu, mahasiswa juga berharap agar program-program baru yang akan diluncurkan melalui kerjasama ini dapat memperkaya pengalaman belajar mereka dan meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan profesional di masa depan.

Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata oleh kedua lembaga hal ini menandai awal yang baik untuk kerjasama yang bermanfaat dan berkelanjutan. Semua pihak yang terlibat berharap bahwa komitmen ini akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan menuju pengembangan perpustakaan digital yang lebih maju dan inovatif.

Pewarta: Setiawan, S.Sos, M.IP – Dosen D4 Perpustakaan Digital UM

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/814743705/bersama-dispusip-jatim-d4-perpustakaan-digital-um-siap-tingkatkan-inovasi-di-bidang-perpustakaan