Gandeng ARI UiTM: Komitmen UM Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Publikasi Akademisi Bereputasi Internasional

Gandeng ARI UiTM: Komitmen UM Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Publikasi Akademisi Bereputasi Internasional

– Jumat, 17 Mei 2024 | 12:47 WIB

RADAR MALANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM memberikan peluang kepada para dosen yang berpendidikan S3 untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri yang termasuk kategori QS Top 100.

Program ini dinamakan Research Staff Exchange (RSE) yang bertujuan untuk empat hal.

Pertama, menghasilkan peneliti UM bereputasi internasional.

Kedua, memperluas jaringan kerjasama riset.

Ketiga, meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dan sitasi di jurnal internasional bereputasi.

Keempat, meningkatkan peringkat UM di QS WUR (Quacquarelli Symonds World University Ranking).

Program RSE diikuti oleh Dosen Departemen Akuntansi FEB UM, Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M. Ak. Dia merupakan alumni Program Doktor S3 Akuntansi Universitas Airlangga, Surabaya yang berhasil lolos dalam program tersebut. Dodik selanjutnya menggandeng lembaga riset di UiTM (Universiti Teknologi Mara) sebagai mitra yaitu Accounting Research Institute (ARI) bersama Prof. Dr. Jamaliah Said selaku Professor Partner.

Program RSE berlangsung pada 1 hingga 9 Mei 2024 di Accounting Research Institute UiTM, Universiti Teknologi Mara, Shah Alam, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dodik berkesempatan untuk berdiskusi dengan dosen Professor partner ARI-UiTM Prof Jamaliah Said di Gedung Accounting Research Institute (ARI), Universiti Teknologi Mara.

Prof Jamaliah Said memberi masukan agar kualitas artikel yang disusun semakin berbobot dan dapat lolos di Scopus.

“Menulis artikel bertaraf Scopus membutuhkan kesabaran dan keuletan dan itu harus berproses tidak bisa secara instan,” tutur dosen Universiti Teknologi Mara tersebut.

Dodik juga berkesempatan untuk berdiskusi bersama Dr. Kazi Musa salah seorang peneliti dari ARI UiTM.

Setelah berdiskusi dengan Kazi Musa, Dodik memberikan masukan terkait dengan susunan kalimat yang lebih baik digunakan di artikel.

“Sebaiknya kalimat pada artikel itu jangan ditulis terlalu panjang, melainkan lebih dipersingkat supaya informasi yang disampaikan efektif,” ungkap Dodik.

Demikian pula dengan pembuatan tabel, menurut Kazi Musa sebaiknya mempertimbangkan untuk ukuran tabel yang ditampilkan berdasarkan kebutuhan penjelasan.

Diskusi berlangsung intens hingga menyinggung pula  latar belakang, studi literatur, penentuan metode, hasil dan pembahasan, serta penyusunan simpulan hingga menjadi artikel yang dapat didaftarkan pada level bereputasi.

“Kesempatan untuk dapat berkolaborasi dengan ARI UiTM ini merupakan pengalaman yang luar biasa karena saya dapat mengembangkan penelitian dan penulisan artikel dengan akademisi asing dalam publikasi internasional maupun joint research di kampus mitra, sehingga hal ini akan membuat saya dapat menggapai capaian yang sebelumnya tidak saya capai,” katanya.

“Sesuai dengan tujuan sebelumnya bahwa dengan adanya program ini  UM akan memiliki para dosen yang mampu berkiprah pada level Internasional” ujar Dosen Departemen Akuntansi tersebut.

Terlaksananya program RSE ini menjadi bukti nyata bahwa UM sangat berkomitmen kuat mendukung Program Sustainable Development Goals (SDGs).

Program RSE ini mendukung tujuan SDGs ke-4 yaitu pendidikan berkualitas, dimana pelibatan dosen dengan perguruan tinggi di luar negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di UM berkelas internasional, dapat memperluas jaringan kerjasama riset, meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dan sitasi di jurnal internasional bereputasi dan pada akhirnya meningkatkan peringkat UM di QS WUR (Quacquarelli Symonds World University Ranking).

Tidak hanya itu, program RSE juga mendukung SDGs ke-17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan, di mana kegiatan promosi kerjasama internasional antara UM dan institusi pendidikan tinggi lainnya yang termasuk dalam QS Top 100.

Kolaborasi ini memperluas jaringan kemitraan global UM dan pertukaran pengetahuan serta praktik terbaik dalam penelitian dan pendidikan.(jon/microsite)

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/814661664/gandeng-ari-uitm-komitmen-um-tingkatkan-kualitas-penelitian-dan-publikasi-akademisi-bereputasi-internasional