Rektor Universitas Negeri Malang Beri Apresiasi Pameran Karya Designholic X Navastra 2024

MALANG, Tugumalang.id – Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd mengapresiasi pameran karya Designholic X Navastra 2024. Acara pameran tersebut menampilkan ratusan karya seni mahasiswa Fakultas Sastra yang digelar di Gedung D16 pada hari Selasa (14/5/2024) kemarin.

Melihat ratusan karya seni yang menarik, Prof. Hariyono mengaku takjub dengan kreativitas mahasiswa Fakultas Sastra UM. Menurutnya mahasiswa benar-benar menampilkan karya terbaik mereka yang memiliki nilai edukasi dan juga keindahan sebagai sebuah karya seni.

Universitas Negeri Malang

Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Hariyono apresiasi pelaksanaan pameran karya Designholic X Navastra 2024/Foto: Dok.UM

Karya-karya yang dipamerkan dalam acara pameran karya Designholic X Navastra 2024 antara lain patung, lukisan, karya abstrak, karya seni 3 dimensi atau 3D, serta beragam karya seni lainnya.

“Saya mengapresiasi teman-teman Fakultas Sastra khususnya kepala departemen dan juga dosen yang telah mendorong mahasiswa untuk berani mengekspresikan diri berupa hasil karya yang sesuai dengan program studinya masing-masing,” ungkap guru besar Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM tersebut.

Bagi mahasiswa yang menampilkan karya seni di atas standar, akan mendapat kabar gembira bahwa karya seni mereka akan dipertimbangkan menjadi pengganti skripsi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Prof. Hariyono dalam kunjungannya ke pameran seni Designholic X Navastra 2024 tersebut.

“Karya sastra pengganti skripsi ini juga menjadi bentuk perwujudan kurikulum UM yang berbasis kehidupan,” tutur Prof. Hariyono.

Ia juga berharap selain karya seni, nantinya akan ada karya-karya lain dari mahasiswa yang dapat dipatenkan dan memberi kebermanfaatan kepada masyarakat.

Selain karya seni, beberapa karya lain yang dapat segera dipatenkan yakni kumpulan buku puisi, novelm dan saintifik dapat diterbitkan oleh UM sehingga dapat diakses oleh masyarakat umum.

“Syukur apabila karya-nya bisa bilingual sehingga menunjukkan kita sebagai kampus yang ingin masuk ke world class university dapat menghasilkan karya yang bisa dibaca oleh orang atau penutur dari luar negeri,” bebernya.

Event seperti pameran karya Designholic X Navastra 2024 merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk unjuk kemampuan dan juga berinteraksi dengan mahasiswa lain. Selain itu melalui acara pameran seni tersebut, mahasiswa dapat menerima masukan dan juga apresiasi dari dosen maupun praktisi.

Prof. Hariyono berharap dengan adanya acara pameran karya Designholic x Navastra 2024 yang diselenggarakan di Fakultas Sastra dapat mendorong dan menginspirasi mahasiswa untuk terus berkarya.

Sumber|https://tugumalang.id/rektor-universitas-negeri-malang-beri-apresiasi-pameran-karya-designholic-x-navastra-2024/