Kurangi Pemanasan Global, UM Gelar Pelatihan Kendaraan Listrik

Malang (beritajatim.com) – Universitas Negeri Malang (UM) turut andil dalam mengurangi pemanasan global dengan mengadakan pelatihan tentang kendaraan listrik. Kegiatan selama lima hari ini dibuka pada hari Senin (13/5/2024) lalu di Ruang Seminar lantai 3 Gedung Kuliah Bersama A19 UM.

Pelatihan kendaraan listrik yang diadakan UM dihadiri sejumlah pihak penting, mulai dari petinggi, dosen, dan mahasiswa saja. Selain itu, UM juga mengundang perwakilan dari Politeknik Angkatan Darat dan PT. Santinilestari Energi Indonesia.

 

Perusahaan yang diundang UM merupakan institusi manufaktur yang fokus pada produksi barang energi terbarukan. Ada juga perwakilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai kota terutama di wilayah Jawa Timur yang turut berpartisipasi saat pelatihan.

Pelatihan kendaraan listrik yang diadakan oleh UM (Foto: Istimewa)

Ketua pelaksana pelatihan, Dr. Muchammad Harly, S.T., M.T., menyampaikan bahwa UM terpacu untuk selalu menghadirkan berbagai inovasi dan pembaharuan sebagai bentuk kontribusi dalam kemajuan revolusi pendidikan. Salah satu bentuk kepedulian UM untuk menyebarkan ilmu dan manfaat kepada masyarakat dengan diadakannya Pelatihan Dasar Kendaraan Listrik Unit Produksi oleh Direktorat Inovasi UM.

“Pemerintahan Indonesia mulai melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi hijau guna mengurangi isu dunia terkait global warming, keterbatasan energi fosil dan juga pencemaran udara. UM jadi salah satu pelopor perguruan tinggi yang merespon dengan cepat melalui kebijakan Three Zero, yaitu Zero Pollution, Zero Accident, dan Zero Congestion,” ucap Harly.

Direktur Inovasi UM, Prof. Dr.Nandang Mufti, S.Si, M.T., mengatakan, pelatihan ini dilatarbelakangi dari tingginya antusiasme masyarakat yang mengikuti webinar terkait kendaraan listrik. “Oleh karena itu, kami berinisiatif mengadakan pelatihan secara luring agar memberikan kebermanfaatan kepada khalayak masyarakat lebih luas,” terangnya

Hal serupa disampaikan Wakil Rektor III UM bahwa pelatihan dasar kendaraan listrik sebagai upaya UM mengurangi pemanasan global. Dikatakan bahwa Indonesia akan mengalami problem besar terkait menipisnya energi berbahan fosil pada tahun 2050. Oleh sebab itu temuan terkait energi baru dan terbarukan sudah sepatutnya semakin marak digalakkan.

 

“UM selaku institusi mendukung penuh dengan berkontribusi menjadi pusat unggulan perguruan tinggi inovasi pembelajaran dan energi baru terbarukan yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),” jelas Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd, M. Ag. [dan/aje]

Sumber|https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/kurangi-pemanasan-global-um-gelar-pelatihan-kendaraan-listrik/