Universitas Negeri Malang Tambah Kuota Penerimaan Sampai 12 Ribu Maba, Prodi Favorit Ditambah Pagu

 

SURYAMALANG.COM , MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) merencanakan akan menambah jumlah kuota mahasiswa baru (Maba)di tahun 2024.

Jika sebelumnya kuota Maba UM 8500 orang, tahun ini kuotanya ditambah hingga menjadi 12.000 an Maba.

Rektor UM, Prof Dr Hariyono MPd menyebut penambahan kuota tersebut berdasarkan pengalaman tahun lalu.

Ia menyebut Prodi yang paling banyak peminatnya seperti prodi Tata Boga, Teknologi Informasi, Akuntansi dan Psikologi.

“Kita akan menambah beberapa Rombel (rombongan belajar) di beberapa prodi. Selain itu juga ada rencana membuka prodi baru seperti Kebidanan, Keperawatan dan Gizi,” kata Rektor.

Rencana itu akan dilaporkan pada Dirjen Dikti pada 15 Januari 2024.

Hariyono menyatakan dosen, sarana dan prasaran sudah siap jika ada penambahan Maba.

“Sarana di GKB (Gedung Kuliah Bersama) belum termanfaatkan maksimal. Di FMIPA akan membangun lab-lab,” kata dia. Sedang untuk dosen akan mendapat jatah dosen PNS dan P3K. Tapi di beberapa prodi tertentu perlu menambah dosen baru karena ada dosen yang pensiun,” sebutnya.

Gedung bertingkat seperti di FIS (Fakultas Ilmu Sosial) juga masih bisa ditambah karena pondasinya untuk gedung bertingkat sampai 12. Saat ini masih mencapai lantai 7. 

Selain itu UM pada tahun ini juga merencanakan membuka ruang pada partisipasi publik dari masyarakat atau orangtua mahasiswa. Sehingga perlu koordinasi kaprodi untuk bisa melihat perkuliahan anaknya.

“Nanti orangtua boleh masuk di ruang kelas. Misalkan bisa tahu diajarkan apa di Tata Boga dan lainnya,” jawab Rektor.

Ia ingin kampus UM dikenal sebagai kampus inklusi. Diharapkan program itu bisa dilaksanakan pada semester ini.

“Saya yakin orangtua punya pengalaman hidup yang bisa dibagi. Misalkan ortu wirausaha dan anak di kelas sedang diajari wirausaha. Kan bisa dibagi ilmunya,” pungkas Hariyono.

Sumber|https://suryamalang.tribunnews.com/2024/01/04/universitas-negeri-malang-tambah-kuota-penerimaan-sampai-12-ribu-maba-prodi-favorit-ditambah-pagu.