Jadi Agen Perubahan, Mahasiswa UM Sosialisasikan Nilai-Nilai Pancasila di Panti Asuhan Hati Bangsa Jakarta

Tugujatim.id – Mahasiswa memiliki peran penting sebagai salah satu agen perubahan bangsa. Hal inilah yang membuat Nicholas Wayli Selim, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi nilai-nilai Pancasila di Panti Asuhan Hati Bangsa Jakarta, Senin (20/11/2023).

Acara tersebut diikuti oleh anak-anak panti asuhan dengan usia sekitar 10-14 tahun. Dengan tekadnya, Nicholas berusaha untuk menyumbangkan waktu dan berbagi pengetahuan bersama anak-anak panti.

“Pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila merupakan fondasi kuat dalam membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan peduli terhadap sesama,” jelas Nicholas.

Nicholas tidak sendirian. Bersama mahasiswa Fakultas Psikologi UM lainnya yang juga tengah melaksanakan program magang MBKM di Mahkamah Agung menyelenggarakan kegiatan di panti yang dekat dengan lokasi magang.

Kegiatan sosialisasi nilai Pancasila pun diisi dengan sesi materi dan diskusi. Para mahasiswa memandu anak-anak panti asuhan dalam mengeksplorasi makna gotong royong, keadilan, demokrasi, persatuan, dan ketuhanan yang Maha Esa melalui berbagai kegiatan edukatif.

“Melalui pelatihan interaktif, anak-anak panti asuhan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang sejarah dan filosofi di balik masing-masing nilai Pancasila,” imbuh Nicholas.

Sosialisasi nilai-nilai Pancasila.

Nicholas Wayli Selim dan Ria Khairiyyah Susanti berfoto bersama anak-anak Panti Asuhan Hati Bangsa Jakarta. (Foto: dok. FPsi)


Para mahasiswa juga memfasilitasi kegiatan kelompok yang bertujuan mempererat kerja sama tim, keadilan, dan sikap saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa Fakultas Psikologi UM juga mengundang masyarakat untuk turut serta mendukung inisiatif ini. Dukungan moral, sumbangan, atau menjadi relawan adalah cara-cara yang dapat membantu memastikan keberlanjutan program ini.

Inisiatif sosialisasi nilai-nilai Pancasila oleh Nicholas di Panti Asuhan Hati Bangsa tidak hanya menjadi pengalaman pembelajaran yang berharga bagi anak-anak panti asuhan, tetapi juga menciptakan peluang bagi mahasiswa untuk berkontribusi positif pada masyarakat.

Nicholas pun berharap kegiatan ini akan menginspirasi lebih banyak orang untuk berperan aktif dalam membentuk karakter generasi penerus.

“Kami dapat bersama-sama membangun masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Sumber|https://tugujatim.id/mahasiswa-um-sosialisasikan-nilai-nilai-pancasila/