Nabila Sihab, Mahasiswi UM, Jadi “Bu RT” di Tempat Magang

 

SURYAMALANG.COM, MALANG – Nabila Sihab, mahasiswa S1 Kimia Universitas Negeri Malang (UM) sudah menyelesaikan magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di PT Bukit Asam (PTBA) di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Cewek yang bertempat tinggal di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang ini menjalankan magang mode penuh mulai 5 Juni sampai 3 November 2023. 

Perusahaan ini merupakan bagian dari holding BUMN pertambangan MIND ID yang bergerak di bidang pertambangan batu bara. “Saya ditempatkan di satuan kerja laboratorium PAB. Disana ada dua jenis laboratorium yaitu laboratoium batubara dan laboratorium air, tanah, dan batuan,” kata mahasiswa semester 7 ini pada suryamalang.com, Rabu (22/11/2023). Ia menceritakan karena lama magang, ia dijuluki “Bu RT”.

Nabila Sihab, Mahasiswi UM, Jadi "Bu RT" di Tempat Magang

ist/Nabila Sihab, mahasiswa S1 Kimia Universitas Negeri Malang (UM) sudah menyelesaikan magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di PT Bukit Asam (PTBA) yang bertempat di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Cewek yang bertempat tinggal di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang ini menjalankan magang mode penuh mulai 5 Juni sampai 3 November 2023. 

“Hal ini karena lama magang saya lima bulan. Oleh pegawai sana, saya dijuluki “Bu RT”. Sebab biasanya lama magang normalnya normalnya hanya dua bulan” ujar Nabila. Namun ia sangat senang selama magang karena bertemu teman baru dan pegawai PTBA. Berbagai macam kuliner di sana juga menjadi daya tarik tersendiri selama magang disana. 

“Banyak sekali kegitan dan fasilitas yang saya dapatkan selama menjalani program magang ini. Seperti melakukan analisa batubara dengan pengujian proximate, sulfur dan kalor yang menggunakan alat instrument canggih,” paparnya. Ia juga belajar mengenai pengujian air, tanah, batuan, dan pupuk yang dimana setiap pengujian memiliki beberapa parameter lainnya. 

Selain itu PTBA juga memperhatikan kesehatan para karyawan. Dimana seperti setiap hari jumat dilaksanakan senam pagi. Serta mendapat fasilitas makan makan siang, uang saku, periksa secara gratis di klinik, bermain tenis, futsal, bowling, badminton dan lainnya. Dijelaskan, dengan mode magang mode penuh ini, mahasiswa memiliki gambaran dunia kerja sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni. 

Sehingga dapat mengembangkan potensi diri baik secara skill maupun mental untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi perindustrian zaman ini. Dengan begitu mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Sylvianita Widyawati
—-
Surya/ist
Nabila Sihab, mahasiswa S1 Kimia Universitas Negeri Malang (UM) sudah menyelesaikan magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di PT Bukit Asam (PTBA) yang bertempat di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Cewek yang bertempat tinggal di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang ini menjalankan magang mode penuh mulai 5 Juni sampai 3 November 2023.

Sumber|https://suryamalang.tribunnews.com/2023/11/22/nabila-sihab-mahasiswi-um-jadi-bu-rt-di-tempat-magang.