UM Gelar Wisuda Periode 122 dan 123 Berturut-turut

Malang, SERU.co.id – Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Wisuda periode 122 dan 123 di Graha Cakrawala, selama 2 (dua) hari berturut-turut, Sabtu-Minggu (11-12/11/2023). Dalam wisuda periode 122, UM mewisuda 1.253 mahasiswa, Sabtu (11/11/2023). Dan wisuda periode 123 sebanyak 1.250 mahasiswa, Minggu (12/11/2023).

Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof Hariyono mengatakan, sebagian dari wisudawan adalah Gen Z yang kelak pada 2045 pada posisi dominan. Dimana akan menjadi pelopor dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju, mandiri dan berdaulat di berbagai bidang.

Prosesi wisuda di Graha Cakrawala UM. (ist) - UM Gelar Wisuda Periode 122 dan 123 Berturut-turut

Prosesi wisuda di Graha Cakrawala UM. (ist)

“Semoga 20 atau 25 tahun lagi, ada alumni UM yang jadi capres. Sekarang sudah ada yang jadi menteri, gubernur, bupati dan legislator, siapa tahu nanti juga ada peraih Nobel dari UM. Harapannya para wali mahasiswa bisa menyaksikan keberhasilan putra-putrinya nanti,” seru Prof Hariyono.

Menghadapi Pemilu 2024, Prof Hariyono berpesan, perbedaan capres, caleg dan cakada tidak menjadi gangguan persaudaraan anak bangsa dan alumni UM. Sebab pemilu merupakan konsekuensi pemilihan di tingkat elit dan pilihan itu tidaklah tetap.

“Jangan sampai kekasih atau saudara anda setelah Pemilu justru berpisah karena beda pilihan. Yang kita tahu, ketika capres jadi Presiden nantinya dengan lawan politik akur, atau yang di kabinet berbeda tapi satu suara. Namun yang di kalangan bawah masih terpisah,” pesan Prof Hariyono.

Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof Hariyono. (ist) - UM Gelar Wisuda Periode 122 dan 123 Berturut-turut

Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof Hariyono. (ist)


Sementara itu, Ketua Senat Akademik UM, Prof Dr Sukowiyono SH MHum menyambut baik prestasi UM yang telah dihasilkan selama ini.

“Semoga capaian akademik UM terus meningkat. Saya yakin Prof Hariyon bisa mensinergikan potensi-potensi di UM. Sehingga semakin besar; modern dan bisa menjadi World Class University (WCU),” ucap Prof Suko, sapaan akrabnya, Minggu (12/11/2023).

Di tempat terpisah, Ketua Pelaksana Wisuda, DrEng. Siti Sendari ST MT menjelaskan, wisuda dua periode sekaligus sebagai upaya percepatan kelulusan mahasiswa. Pasalnya, selama pandemi covid-19, perkuliahan dan pelaksanaan wisuda sempat tertunda. Sehingga antrian wisuda saat ini cukup menumpuk.

“Ini digabung karena saat pandemi, sempat tertunda wisuda, sehingga sampai saat ini menumpuk. Untuk mempercepat kelulusan mahasiswa itulah, maka dibuat dua periode,” ucap Wadek Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik UM ini.

Deretan wisudawan-wisudawati terbaik UM. (ist) - UM Gelar Wisuda Periode 122 dan 123 Berturut-turut

Deretan wisudawan-wisudawati terbaik UM. (ist)


Pada wisuda periode 122, terdapat mahasiswa yang terpilih sebagai lulusan pemuncak prestasi akademik. Di antaranya:

– Dr Devi Permatasari, S3 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), IPK 3.95, lama studi 5 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.
– Rahayu Asyhari MPd, S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), IPK 4.00, lama studi 3 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.
– Suhartini MPd, S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), IPK 4.00, lama studi 3 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.
– Isa Ansori SPd, S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), IPK 3.89, lama studi 7 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.
– Duwi Febriansah AMd, D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), IPK 3.74, lama studi 6 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.

Sedangkan untuk lulusan mahasiswa yang berprestasi dibidang non akademik, adalah Daffa’ Rizal Dzulfaqaar Alauddin SSi, S1 Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), IPK 3.85, lama studi 8 semester, lulus predikat Dengan Pujian.

Capaian prestasi Daffa’ Rizal Dzulfaqaar Alauddin SSi, antara lain:
– Gold Medal: Genius Award Suranaree University of Technology (SUT) Global Entrepreneurship Camp, Thailand Tahun 2023
– Gold Medal Poster: Agritech Research and Entrepreneur Innovation (AGREETION) Tahun 2022
– Gold Medal: Asean Innovative Science, Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) Tahun 2022

Pada wisuda periode 123, terdapat mahasiswa yang terpilih sebagai lulusan pemuncak prestasi akademik. Di antaranya:

– Dr Riyadlotus Sholichah, S3 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), IPK 3.95, lama studi 5 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.
– Siti Mazhar Khuzaimah Efendi MPd, S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), IPK 4.00, lama studi 3 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.
– Risa Dwi Novitasari SPd, S1 Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), IPK 3.97, lama studi 8 semester, lulus dengan predikat Dengan Pujian.
– Eksal Fikri Ridfandi AMd, D3 Mesin Otomotif, Fakultas Teknik (FT), IPK 3.32, lama studi 7 semester, lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Sedangkan untuk lulusan mahasiswa yang berprestasi dibidang non akademik, adalah Riko Rahmad Adriansyah SPd, S1 Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), IPK 3.79, lama studi 8 semester, lulus predikat Dengan Pujian.

Capaian prestasi Riko Rahmad Adriansyah SPd, antara lain:

– Gold Medal: World Invention Competition and Exhibition Tahun 2021
– Silver Medal: World Invention Competition and Exhibition Tahun 2022
– Student Exchange: Student International Riset Outbond Mobility (SIROM) at Universiti Putra Malaysia Tahun 2023. (rhd)

Sumber|https://seru.co.id/141409-um-gelar-wisuda-periode-122-dan-123-berturut-turut