UM Kembangkan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Sebagai Energi Terbarukan di Dillem Wilis Trenggalek

30 – Oct – 2023, 18:38

JATIMTIMES – Energi terbarukan sedang marak dikembangkan saat ini karena tingginya kebutuhan energi di Indonesia. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Negeri Malang mengembangkan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Dillem Wilis, Trenggalek, Jawa Timur.

Tim PkM yang diketuai oleh Prof. Dr. Nandang Mufti melakukan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 8 Juli 2023 dengan membangun penerangan jalan umum tenaga surya sebagai energi terbarukan. Pemasangan lampu dilakukan di 6 titik dengan kapasitas 150-200 W.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Negeri Malang mengembangkan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Dillem Wilis, Trenggalek, Jawa Timur (Foto: Dokumentasi Penulis).

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Negeri Malang mengembangkan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Dillem Wilis, Trenggalek, Jawa Timur (Foto: Dokumentasi Penulis).

Dillem Wilis merupakan salah satu tempat di Kabupaten Trenggalek yang memiliki potensi alam  seperti agrowisata, perkebunan, dan peternakan. Pemasangan panel surya ini diharapkan dapat meningkatkan minat pengunjung agrowisata.

Panel surya yang dikembangkan mengenalkan konsep-konsep fisika yang dapat digunakan sebagai media edukasi khususnya pengunjung berusia pelajar.

Tim PkM menjelakan bahwa panel surya yang digunakan sangat efektif digunakan sebagai energi terbarukan yang ramah lingkungan dan hemat energi.

PJU-TS ini memiliki keunggulan berupa sumber energi mandiri yang memanfaatkan tenaga sinar matahari pada siang hari yang disimpan dalam baterai dan digunakan lagi sebagai penerangan pada malam hari. 

sumber|https://jatimtimes.com/baca/299325/20231030/063800/um-kembangkan-penerangan-jalan-umum-tenaga-surya-pju-ts-sebagai-energi-terbarukan-di-dillem-wilis-trenggalek