Bioteknologi UM Latih Warga Wonorejo Olah Sampah Organik

Jumat, 27 Oktober 2023 | 11:32 WIB

KABUPATEN – Tim dosen dan mahasiswa Prodi Bioteknologi FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pengabdian ke masyarakat pada Sabtu (21/10). Ibu-Ibu PKK Desa Wonorejo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang dilatih mengolah sampah organik. Sampah organik seperti sisa buah dan sayur diolah menjadi eco enzyme.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Bioteknologi UM Dr Norman Yoshi Haryono mengatakan, sampah organik yang diolah sebelumnya hanya dibuang begitu saja. Padahal, jika diolah lagi akan ada manfaat bagi lingkungan dan warga.

PENGABDIAN: Tim Bioteknologi UM melatih ibu-ibu PKK Desa Wonorejo, Kabupaten Malang mengolah sampah organik menjadi eco enzyme, Sabtu (21/10). (Bioteknologi UM for Radar Malang)

PENGABDIAN: Tim Bioteknologi UM melatih ibu-ibu PKK Desa Wonorejo, Kabupaten Malang mengolah sampah organik menjadi eco enzyme, Sabtu (21/10). (Bioteknologi UM for Radar Malang)

”Teknik fermentasi yang digunakan dalam pembuatan eco enzyme ini akan menghasilkan cairan berwarna cokelat yang dapat digunakan sebagai cairan multi-fungsi mulai dari cairan pembersih, insektisida, hingga pupuk,” beber Norman.

Respons positif ditunjukkan oleh para peserta saat melakukan sosialisasi ini. Di mana para peserta diajari langsung proses pembuatan eco enzyme yang tergolong mudah. Antusiasme juga ditunjukkan oleh Wasni, selaku Koordinator PKK Wonorejo yang berpesan kepada  seluruh peserta kegiatan bahwa masih ada potensi yang dikembangkan di desa tersebut.

”Harapan saya nanti ibu-ibu bisa melanjutkan pembuatan eco enzyme ini di rumah masing-masing, jangan sampai kegiatan pelatihan ini berhenti hari ini. Apalagi kalau nanti pembuatan eco enzyme bisa dikoordinasi menjadi salah satu produk unggulan Desa Wonorejo,” harap Wasni.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik pengolahan limbah menjadi produk bernilai jual merupakan wujud dukungan UM. Terutama pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Yakni implementasi dari tujuan ke-12 yang berisi proses konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. (*/adn)

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/813164461/bioteknologi-um-latih-warga-wonorejo-olah-sampah-organik