Manfaatkan Potensi Desa, Tim Pengabdian Kepada Masyrakat Um Kembangkan Eko Wisata Hutan Pinus

12 September 2023

Ekowisata merupakan salah satu teknik pengelolaan wisata yang dilaksanakan dengan menggunakan konsep pelestarian alam yang sekaligus bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi dan menjaga nilai kebudayaan masyarakat setempat. Ekowisata sendiri saat ini banyak sekali digandrungi oleh masyarakat utamanya masyarakat yang tinggal di kawasan metropolitan. Meningkatnya tingkat stress di kalangan remaja hingga dewasa juga menjadi salah satu faktor mengapa ekowisata masih menjadi destinasi favorit masyarakat untuk melepas penat.

Manfaatkan Potensi Desa, Tim Pengabdian Kepada Masyrakat Um Kembangkan Eko Wisata Hutan Pinus

Desa Pagersari merupakan desa di Kabupaten Malang yang memiliki potensi wisata alam berupa kawasan hutan pinus. Dengan luas area hutan + 13 Ha, Desa Pagersari menjadi titik potensial pengembangan destinasi wisata. Sayangnya, potensi alam yang dimiliki belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat desa setempat.

Menurut pengakuan warga setempat, sebenarnya potensi wisata ini sudah lama disadari. Namun, kurangnya pengetahuan hingga belum adanya alokasi khusus dana pengembangan membuat pengembangan sektor wisata di Desa Pagersari belum bisa dilakukan hingga saat ini.

Sebagai jawaban dari permasalahan yang terjadi, tim pengabdian Universitas Negeri Malang dibantu oleh tim inisiator pengembang wisata Desa Pagersari menginisiasi pengembangan ekowisata di Desa Pagersari Kecamatan Ngantang. Kedepannya, Tim Pengabdian UM akan melakukan pendampingan mulai dari proses perencanaan, pembangunan ikon wisata, hingga pelatihan strategi manajemen pengembangan pariwisata.
Sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi pemaparan potensi desa kepada kelompok masyarakat. Kegiatan dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang yang beranggotakan dosen dan beberapa mahasiswa. Dalam kegiatan ini, masyarakat serta pihak desa tampak antusias menyambut ide dan gagasan yang disampaikan.
Kedepannya, dengan dikembangkannya potensi wisata Desa Pagersari ini, diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat setempat. Selain itu, peningkatan Branding Desa Pagersari sebagai desa wisata juga menjadi tujuan utama guna mewujudkan desa mandiri ekonomi sesuai dengan misi besar Pemerintah Kabupaten Malang yakni One Village One Destination.

https://www.kompasiana.com/andika007/64ff98394addee04db1748e2/manfaatkan-potensi-desa-tim-pengabdian-kepada-masyrakat-um-kembangkan-eko-wisata-hutan-pinus