Gelar Job Fair, IKA UM Siapkan 679 Lowongan Kerja

Job Fair IKA UM siapkan 679 lowongan kerja.

Kota Malang, Bhirawa
Ikatan Alumni (IKA) menggelar Job Fair and Higher Education Expo di Graha Cakrawala UM pada 7-8 September 2023.

Dengan melibatkan 39 perusahaan ini menyediakan 679 lapangan pekerjaan. Even ini, tidak hanya untuk mahasiswa UM, namun job fair ini juga untuk umum.

Ketua I Pengurus IKA UM, Prof. Dr. Muhammad Ainin, MPd. mengatakan, dalam agenda ini ada tiga kegiatan yang digelar IKA UM. Pertama adalah jobfair, seminar nasional dan musyawarah nasional.

Dengan adanya job fair ini, diharapkan bisa memfasilitasi para alumni perguruan tinggi baik dari UM dan lainnya untuk mendapatkan pekerjaan.

Setelah kegiatan ini pihaknya, juga ingin memperluas kerjasama dengan perusahaan. Dan diharapkan pada jangka panjang, alumni yang sudah diterima di perusahaan bisa membantu adik-adiknya kelak.

Dari 679 lowongan pekerjaan yang tersedia, terdiri dari berbagai bidang meliputi bidang produksi, logistik, BK, guru dan lainnya.

Ia menyampaikan jumlah perusahaan yang mendaftar awalnya ada 53. Tetapi setelah seleksi, yang ikut job fair ada 39.

“Ada 14 perusahaan yang tidak lolos seleksi karena kami ingin menghadirkan perusahaan yang bonafit sesuai dengan lulusan perguruan tinggi,”ujarnya.

Selain job fair, sambung Prof. Ainin, juga digabungkan dengan pameran pendidikan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.

Bersama dengan Departemen Kemahasiswaan dan Alumni membuat expo untuk mereka yang ingin ke pendidikan lanjutan.

“Ada 20 lembaga, dari UM sendiri ada 9 fakultas-fakultas, kampus luar negeri lima dan kampus luar UM ada 6,”tukas Prof. Ainin.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Ketenagakerjaan Kemnaker, Mokhammad Farid Ma’ruf mengatakan bahwa jika dulu perguruan tinggi berlomba untuk meluluskan mahasiswa yang banyak, tetapi saat ini tak hanya meluluskan, namun juga meningkatkan kemungkinan mereka mendapatkan pekerjaan.

Ia berharap perguruan tinggi sampai mendirikan pusat karir agar bagaimana alumninya segera mendapat pekerjaan.

“Kalau bisa sebelum lulus sudah dapat pekerjaa. Melalui job fair ini adalah cara yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan sebelum mereka lulus,” tandasnya. [mut.why]

Sumber|https://www.harianbhirawa.co.id/gelar-job-fair-ika-um-siapkan-679-lowongan-kerja/