Jumat Bersih UM Wujud Green Campus dan Budaya Cinta Lingkungan

 Jumat, 11 Agustus 2023 | 21:47 WIB

MALANG – Universitas Negeri Malang secara konsisten melakukan kegiatan jum’at bersih. Prof Dr. Sumarmi, M.Pd., selaku ketua Green Campus menjelaskan bahwa kegiatan jum’at bersih ini dilakukan untuk mewujudkan Green Campus di Universitas negeri malang serta sebagai bentuk aksi cinta dan kepedulian terhadap lingkungan khususnya di wilayah kampus Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini diikuti relawan lingkungan yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan S3, serta melibatkan dosen, tendik, dan pegawai taman UM.

Kegiatan Jum’at bersih dilakukan di area Gerbang Jl Surabaya dan sekitarnya. Aksi yang dilakukan diantaranya: pembersihan drainase, pembersihan di lingkungan sekitar Danau UM, membersihkan sampah dan pemungutan bibit tanaman. Pembersihan sampah dilakukan dengan memisahkan antara sampah organik dan sampah an organik. Sampah organik yang terkumpul diolah menjadi kompos yang menjadi salah satu produk unggulan dari Green Campus. Selain itu, pemungutan bibit tanaman dilanjutkan dengan pembibitan tanaman pada area tertentu.

Aksi Jumat bersih yang dilakukan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membiasakan seluruh Unit di UM untuk memiliki rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini diharapkan dapat membudayakan civitas akademika Universitas Negeri Malang untuk terus menjaga kebersihan lingkungannya. Dengan aksi ini sangat diharapkan secara persuasif dapat memotivasi individu lain dalam mencintai lingkungan. Dengan demikian, adanya budaya cinta lingkungan ini dapat mewujudkan kampus yang sehat dan mencerdaskan.(jprm1)

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/812654372/jumat-bersih-um-wujud-green-campus-dan-budaya-cinta-lingkungan