UM Buka Fakultas Kedokteran, Kuota Hanya 50 Mahasiswa

Rabu, 16 Agu 2023 14:58 WIB

Malang – Universitas Negeri Malang (UM) resmi membuka penerimaan mahasiswa fakultas kedokteran (FK). Pendaftaran dimulai hari ini sampai 20 Agustus 2023.

Rektor UM Prof Hariyono mengatakan, jumlah mahasiswa baru FK UM untuk angkatan I dibatasi atau mendapat kuota hanya 50 mahasiswa. Untuk proses penerimaan mahasiswa baru dibuka melalui jalur mandiri.

“Kuota angkatan I Fakultas Kedokteran sebanyak 50 mahasiswa, pendaftaran mulai 16 Agustus sampai 20 Agustus 2023 mendatang. Dengan jalur mandiri,” ujar Hariyono dalam konferensi pers di Graha Rektorat UM, Rabu (16/8/2023).

Sebelumnya, UM telah mengantongi izin dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Rekomendasi itu kemudian menjadi landasan UM mendirikan program studi kedokteran.

“Dengan rekomendasi itu, kita mendapatkan persetujuan untuk membuka prodi sarjana kedokteran. Ini sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus ada persetujuan dari lembaga akreditasi,” sambungnya.

Menurut Hariyono, UM sebenarnya telah merintis pendirian program studi ilmu kesehatan masyarakat. Sekaligus, penerimaan dosen dengan latar belakang disiplin ilmu kedokteran.

“Keinginan ini sudah lama dibahas mulai tahun 1996. Namun baru teralisasi Agustus 2023 ini dan ini jadi kado kemerdekaan di UM,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan FK UM, Dr Moch Yunus menambahkan, FK akan menempati gedung rektorat lama. Di sana telah dilengkapi 12 laboratorium sebagai syarat dasar. Selain itu, tersedia pula fasilitas untuk menggelar ujian nasional.

“Di situ telah dilengkapi laboratorium, termasuk lab khusus dengan penyediaan komputer dan empat ruang kelas untuk perkuliahan. Untuk SDM ada 38 dokter sesuai dengan persyaratan yang di tentukan,” pungkasnya.

Sumber|https://www.detik.com/jatim/berita/d-6879717/um-buka-fakultas-kedokteran-kuota-hanya-50-mahasiswa