9.200 Maba Ikuti PKKMB, UM Pastikan Tanpa Perploncoan

17 Agustus 2023

Malang, SERU.co.id – Sebanyak 9.200 mahaaiswa baru (maba) Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Panitia PKKMB pastikan tak ada perploncoan selama kegiatan yang berlangsung selama 5 (lima) hari tersebut.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr Heni Kustiyanti SPd MM menyampaikan, PKKMB wajib diikuti bagi seluruh maba mulai jenjang D3 hingga S3. Dimana tiga hari pelaksanaan di tingkat universitas mulai jam 07.00-12.00, dan dua hari pelaksanaan di tingkat fakultas mulai jam 07.00-15.00. Dimulai dengan mengikuti upacara HUT ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

“Sekitar 9.200 maba mengikuti yang mengikuti PKKMB tahun 2022 ini. Jumlah ini nantinya akan ditambah 50 maba dari Fakultas Kedokteran, setelah pendaftaran ditutup 20 Agustus dan diumumkan 22 Agustus 2023,” seru Heni, sapaan akrabnya, ditemui disela upacara, Kamis (17/8/2023).

Mengantisipasi tindakan kekerasan fisik dan verbal, Panitia PKKMB UM tidak memperkenankan adanya praktek perploncoan. Bahkan mengantisipasi upaya mirip penjemuran selama berjam-jam di lapangan hingga pingsan.

“Meski kami juga membatasi kegiatan di luar ruangan sebelum jam 12 siang. Pihak UM menyarankan seluruh peserta untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental, serta membawa air minum dan sarapan sebelum berangkat,” terangnya.

Disebutkannya, kampus UM telah berkomitmen tidak mau membebani maba dengan kewajiban membawa sesuatu yang sekiranya sulit dicari. UM memastikan, para peserta PKKMB nantinya cuma mendengarkan berbagai materi pembekalan saja.

“Kami ingin maba diterima di kampus ini dengan nyaman dan menyenangkan,” tegas Heni.

Disinggung potensi kemacetan di seputar kawasan UM, Heni menyampaikan, jika pihaknya membuka seluruh akses yang ada di UM. Dimana ada lima akses berbeda dengan jarak berjauhan. Sehingga akses keluar masuk maba tidak terpusat dan berkumpul, yang dapat menjadi potensi kemacetan.

“Seluruh akses kami buka untuk maba. Sehingga insyaallah potensi kemacetan karena bertumpuknya kendaraan di salah satu titik dapat diantisipasi,” tandasnya.

Selain upacara HUT ke-78 RI dan pembukaan PKKMB, juga dilaksanakan Launching Dies Natalis ke 69 UM di Stadion Cakrawala dan Graha Cakrawala. (rhd)

Sumber|https://seru.co.id/130404-9-200-maba-ikuti-pkkmb-um-pastikan-tanpa-perploncoan