UM Pastikan 1.187 Komputer Siap Pakai untuk Tes SNBT

MALANG KOTA – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) di Universitas Negeri Malang (UM) dijamin tanpa kendala. Sebanyak 1.187 perangkat komputer yang akan digunakan untuk tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pada 8-14 Mei telah dilakukan uji coba. Pada Jumat lalu (28/4), kondisi seluruh komputer dipastikan layak pakai.

Sehingga sudah dipastikan kesiapan pada perangkat komputer mencapai 100 persen. Kepala UPT Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) UM Eko Wahyu Setiawan SS mengatakan, tak ada kendala teknis yang berarti. Hanya saja ada kekhawatiran kendala gangguan server dari pusat.

”Optimistis tanpa ada kendala, karena untuk spesifikasi komputer terbilang sesuai standar,” ucapnya, kemarin.

Untuk perangkat komputer yang digunakan, pihaknya memakai CPU Intel i3 dengan RAM 4 GB. Selain itu, sistem operasi wajib Windows 8.1 ke atas.

”Untuk tes kali ini menggunakan aplikasi SEB versi V. 5.0,” imbuh Eko.

Tentu ada sedikit perbedaan dari aplikasi yang digunakan jika dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu, UM memakai aplikasi SEB versi 3.2.5. Sedangkan tahun ini mengalami upgrade menjadi 3.5.0.

Namun, perbedaan itu tidak berdampak pada apa pun. Sebab, perbedaan itu hanya pada aplikasi browser saja. Eko menyampaikan sebanyak 1.187 perangkat komputer itu akan dibagi ke dalam 55 ruangan yang telah disediakan. Sehingga, setiap satu ruang akan diisi oleh 21 sampai 22 komputer.

”Yang jelas tiap ruang harus ada 20 komputer,” imbuhnya. (dre/adn)

Sumber|https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/30/04/2023/um-pastikan-1-187-komputer-siap-pakai-untuk-tes-snbt/