Prodi Baru di UM Jadi Daya Tarik Calon Mahasiswa

 

SURYAMALANG.COM, MALANG – Program studi (prodi) baru menjadi daya tarik Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di Universitas Negeri Malang (UM).

Tiga prodi tersebut adalah S1 Ilmu Komunikasi, S1 Farmasi, dan S1 Gizi.

UM memang baru menyertakan tiga prodi tersebut dalam SNBP tahun ini.

Ilmu Komunikasi menyiapkan kuota 36 mahasiswa, Farmasi menyiapkan kuota 12 mahasiswa, dan Gizi menyiapkan 12 mahasiswa.

“Peminat pada tiga prodi itu terbilang tinggi dibandingkan prodi-prodi yang ada sebelumnya,” kata Dr Rizky Firmansyah SE MSA, Kasub Direktorat Seleksi UM kepada SURYAMALANG.COM, Senin (6/3/2023).

Peminat SNBP 2023 di UM mencapai 25.036 orang. Jumlah itu UM sebagai pilihan satu dan pilihan kedua.

Rizky mengungkapkan sebenarnya UM inginnya jumlah peminat lebih tinggi dari jumlah tersebut.

Padahal saat ini semua prodi sudah melampaui daya tampung.

“Tapi, masih banyak yang akan gugur. Daya tampungnya di SNBP terbatas, yaitu sekitar 2.000 orang,” terangnya.

Daya tampung UM untuk SNBP 2023 hanya 25 persen dari total daya tampung UM. Prodi yang menjadi favorit pada tahun lalu masih paling banyak peminat pada tahun ini, seperti Prodi Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). “Pengumuman SNBP akan dilaksanakan pada 28 Maret 2023,” imbuhnya.

Dosen Akuntansi ini berharap peminat dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) bisa lebih banyak lagi. Apalagi kuota SNBT lebih besar dibandingkan SNBP.

“Kami akan mengupayakan beberapa hal agar pilihan pada UM lebih tinggi lagi dalam SBPT nanti, seperti sosialisasi,” imbuhnya.

Saat ini UM sedang persiapan untuk SNBT, terutama fasilitas personal computer (PC). Panitia sudah memberi tahu persyaratan spek yang dibutuhkan.

Kemungkinan UM menyiapkan antara 1.500 sampai 1.600 komputer per sesi. Rizky belum dapat memastikan UM akan bermitra dengan PTS di Malang atau tidak. “Kami masih belum membahas soal itu,” terangnya.

Sumber|https://suryamalang.tribunnews.com/2023/03/06/prodi-baru-di-um-jadi-daya-tarik-calon-mahasiswa.