Warga Sumbekradenan Apresiasi Aksi Mahasiswa UM Bantu Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

 

Kepala desa beserta warga sangat mendukung program KKN mahasiswa UM dan menerima dengan tangan terbuka.

“Meskipun KKN kali ini tidak dilaksanakan seperti KKN pada umumnya seperti menginap di desa melainkan dilaksanakan secara online, itu semua tetap membantu dan membanggakan untuk kami semua.

Warga Sumbekradenan Apresiasi Aksi Mahasiswa UM Bantu Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

IST/Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Sumberkradenan, Kecamatan Pakis, Malang memberikan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. 

Kita sangat terbantu dan senang, karena dengan adanya program KKN tersebut dapat memberikan motivasi dan pengetahuan lebih untuk perkembangan Desa Sumberkradenan,” ujar Zaeni, kepala Desa Sumberkradenan tanggal 8 Juni 2020 lalu.

Zaeni  berharap program kerja (proker) yang telah dilakukan mahasiswa UM dapat memberikan manfaat untuk warga desa, khususnya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami mengimbau kepada peserta KKN agar tetap fokus untuk menjaga kesehatan dalam melaksanakan kegiatannya,” tambahnya.

Sejak hari Senin (1/6/2020) mahasiswa KKN UM di Desa Sumberkradenan telah memberikan hand sanitizer dan beberapa tempat cuci tangan di kantor Desa Sumberkradenan.

Kegiatan pemberian hand sanitizer dan pemasangan tempat cuci tangan diwakili oleh beberapa mahasiswa dari kelompok KKN UM Sumberkradenan.

Hal ini dikarenakan pada tanggal 1 Juni 2020 Kabupaten Malang masih dilaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga hanya mahasiswa yang bertempat tinggal di Malang saja yang bisa menuju lokasi desa tempat KKN.

Totalnya ada 5 mahasiswa yang bisa melakukan penyerahan hand sanitizer dan pemasangan tempat cuci tangan.

Nasrullah Rifki Fatoni, Koordinator KKN Sumberkradenan, mengatakan kegiatan ini berbeda dengan KKN lainnya karena situasi tidak seperti hari-hari biasanya.

“Namun ini justru menumbuhkan semangat untuk saling membantu sesama dalam mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 supaya tidak menyebar luas,” kata Nasrul.

Pemasangan tempat cuci tangan yang lengkap dengan sabun cuci tangan ini juga dipasang di tempat-tempat strategis yang sering dikunjungi oleh masyarakat Desa Sumberkradenan seperti, masjid, Balai desa, dan tempat keramaian lainnya.

Selain pembagian tempat cuci tangan, mahasiswa KKN UM di Desa Sumberkradenan juga memberikan pembelajaran kegiatan cuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak Desa Sumberkradenan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya cuci tangan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Penyediaan tempat cuci tangan ini akan menjadi awal munculnya kesadaran akan pentingnya cuci tangan.

Kemudian akan memberikan dampak pada kegiatan cuci tangan yang menjadi suatu kebiasaan sehingga masyarakat Desa Sumberkradenan tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa namun tetap sesuai dengan ptotokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Sumberkradenan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini,” kata Nasrul. (*)

Sumber dari: https://suryamalang.tribunnews.com/2020/06/28/warga-sumbekradenan-apresiasi-aksi-mahasiswa-um-bantu-memutus-rantai-penyebaran-covid-19?page=all

Leave a Reply