UM Wisuda 1.255 Lulusan ke-101 Tahun 2020

Malang, SERU.co.id – Universitas Negeri Malang (UM) melepas 1.255 lulusan dalam wisuda ke-101, di Graha Cakrawala, Sabtu (8/2/2020).

Lulusan UM tahun 2020 ini terbagi atas 50 orang program Doktor Kependidikan; 162 orang program Magister Pendidikan; 7 orang program Magister Non Kependidikan; 567 orang program Sarjana Kependidikan; 382 orang program Sarjana Non Kependidikan; 19 orang program Diploma III Non Kependidikan, dan 68 orang program Profesi Guru (PPG).

“Wisuda merupakan bukti mahasiswa telah menyelesaikan kurikulum di UM. Dimana secara kurikulum, UM telah mencetak anak jaman, dalam artian UM mencetak SDM yang siap untuk berkompetisi di jamannya. Seperti revolusi industri 4.0 yang menuntut SDM dalam era digitalisasi dan kompetensi tertentu,” ungkap Dr Mu’arifin, MPd, Wakil Rektor III.

Menurutnya, anak jaman sekarang memerlukan 4 C, yaitu Critical thingking, Creativitas, Communication skills dan Collaborative ability. Empat C inilah yang harus ditekankan. Apalagi sekarang menterinya ada kecenderungan kuat di vokasi, sehingga nantinya akan ada penyesuaian tersendiri dalam hal itu.

Mahasiswa lulusan terbaik tiap program bersama orangtuanya, mendapatkan kehormatan naik panggung menerima penghargaan.(ist)

“Kata kuncinya adalah anak jaman, yaitu lulusan yang sesuai dengan jamannya. Jaman saya dulu lulus dengan anak jaman sekarang berbeda, tantangannya juga akan berbeda. Menteri kita sekarang kecenderungannya vokasi tapi tidak menyempitkan makna fungsi dari perguruan tinggi sebagai penghasil tenaga akademik dan tenaga profesional,” ucapnya, mendampingi Rektor UM, Prof Dr AH Roffiudin, MPd.

Namun demikian, lanjut Mu’arifin, perlu diingat bahwa vokasi hanya merupakan salah satu aspek, tidak semuanya harus dilarikan ke vokasi. Karena di dalam perguruan tinggi itu ada dua, menghasilkan lulusan yang kuat dalam bidang akademik dan kuat di bidang profesional.

Dari jumlah lulusan tersebut, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan.

Rektor UM Prof Dr AH Roffiudin, MPd, mengucapkan selamat atas kelulusan mahasiswa UM. (ist)

Program Diploma III diraih oleh Roma A’yunina, AMd (Program Studi Diploma III Tata Busana, Fakultas Teknik), dengan lPK = 3.54; lama studi 6 semester; yudisium Dengan Pujian. Program Sarjana diraih oleh Hasan Argadinata, SPd (Program Studi Sarjana Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan) dengan IPK= 3.92; lama studi 7 semester; yudisium Dengan Pujian.

Sementara Program Magister diraih oleh Fashihah, MPd (Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Maternatika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dengan IPK = 3.81; lama studi 3 semester; yudisium Dengan Pujian. Program Doktor diraih oleh Dr Tuti Mutin (Program Studi Doktor Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial) dengan IPK 3.98; lama studi 7 semester; yudisium Dengan Pujian.

Sedangkan lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas diraih oleh Deni Ainur Rokhim, SPd (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

 

Dengan bertambahnya lulusan pada Wisuda ke-101 ini, maka UM telah meluluskan 133.379 orang, terdiri atas 1.825 orang program Doktor, 9.918 orang program Magister, 84.126 orang program Sarjana; 16.999 orang program Diploma III; 1.696 orang program PPG; dan 18.815 orang program Non Gelar.

Para wisudawan-wisudawati UM. (ist)

Jumlah mahasiswa terdaftar pada semester genap tahun akademik 2019/2020 (Januari 2020) sebanyak 30.751 orang, terdiri atas 20.284 orang berada di program studi Kependidikan dan 10.467 orang berada di program studi Non Kependidikan. Mereka mengambil studi pada berbagai jenjang dan program, yaitu program Diploma III Non Kependidikan, program Sarjana Kependidikan dan Non Kependidikan, program Magister Kependidikan dan Non Kependidikan, program Doktor Kependidikan dan Non Kependidikan, program Pendidikan Profesi Guru (PPG), serta program Non Gelar. (rhd)