UM Cetak Prestasi Gemilang di MTQMN ke-16

Infokampus.news– Tahun ini UM berhasil menorehkan prestasi gemilang pada ajang MTQMN ke-16 di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Pada ajang ini, UM meraih gelar juara umum 1 untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut.

MTQMN sendiri merupakan salah satu ajang bergengsi tingkat perguruan tinggi yang diadakan setiap dua tahun sekali. Pada tahun ini MTQMN diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya memiliki 13 cabang perlombaan, tahun ini ada 15 cabang perlombaan yang berhasil dilaksanakan.

BERITA MTQMN UM

Acara ini mulai diselenggarakan pada tanggal 28 Juli 2019 hingga 4 Agustus 2019 lalu. Dalam ajang ini UM memenangkan 12 cabang perlombaan. Adapun cabang-cabang lomba yang berhasil dimenangkan oleh UM adalah juara 1 cabang musabaqah syarhil Quran (MSQ), karya tulis ilmiah Alquran (KTIA), dan desain aplikasi Quran (DAQ). lalu juara 2 dalam cabang musabaqah hifdzil Quran (MHQ) 30 juz putri dan musabaqah hifdzil Quran (MHQ) 20 juz putra. UM juga berhasil meraih juara 3 dalam cabang lomba musabaqah debat bahasa Arab (MDBA), musabaqah fahmil Quran (MFQ), dan musabaqah khothil Quran (MKQ) dekorasi putri.

Dalam mempersiapkan perwakilannya di MTQMN, UM menerapkan pola pembinaan yang baik dan berkesinambungan. Hal ini dikarenakan untuk mencetak prestasi dalam ajang MTQMN tidaklah datang dalam waktu yang singkat, tetapi diperlukan sistem pembinaan yang sudah terprogram sebelumnya.

Pada MTQMN kali ini, UM berhasil mengungguli sekitar 200 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia dengan total peserta sebanyak 2.500 orang. UM meraih total skor 64 yang memiliki selisih sangat tipis dengan Universitas Brawijaya (UB), yakni 63.

Di posisi ketiga setelah UB ada Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan total skor 41 dan Universitas Indonesia (UI) dengan skor 38. Lalu ada Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang yang memiliki perolehan total skor yang sama, yaitu 36.

Prestasi yang berhasil diraih pada MTQMN tahun ini menjadi kebanggan tersendiri bagi UM karena secara konsisten UM dapat mempertahankan posisinya yaitu menjadi juara umum dalam 4 periode berturut-turut. Hal ini juga tidak lepas dari usaha, doa dan kerja keras dari para peserta, pembina dan segenap pihak-pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini digelar. (Sil)

Leave a Reply