UM Beri Pelatihan Perpus Digital Ke Pustakawan MTsN 2 Kota Malang

KOTA MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) melalui Tim Pengabdian Masyarakat (TPM) program studi Ilmu Perpustakaan UM bekerjasama dengan MTsN 2 menggelar kegiatan bertajuk ‘Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi (SLIMs 8.3.1 Akasia)’, Senin (27/7/2020).

Materi diberikan langsung oleh para dosen Universitas Negeri Malang yaitu Setiawan SSos MIP, Moh Safii MHum, Inawati SIP MM dan Amalia Nurma Dewi MHum. Salah satu materi yang disampaikan adalah bagaimana mengatur strategi dalam meningkatkan minat baca siswa.

Salah satu pemateri literasi digital dari UM yang didatangkan ke MTsN 2 Malang.

Inawati, salah satu pemateri mengungkapkan, para pustawakan harus melakukan inovasi-inovasi yang mampu menarik pengunjung, terutama anak-anak. Pengelola perpustakaan harus membangun perpustakaan dengan suasana yang nyaman dan jauh dari kesan kaku. Salah satunya dengan cara menghilangkan stereotype bahwa perpustakaan harus tenang alias tidak boleh berisik.

“Misalnya bikin kegiatan nonton bareng atau membuat lomba-lomba yang menyenangkan,” saran Inawati.

Inovasi lain yang bisa dilakukan adalah dengan mulai membangun perpustakaan digital. Hal ini sejalan dengan gaya hidup saat ini yang tak bisa lepas dari gadget. Salah satu open source yang digunakan untuk mewujudkan perpustakaan digital adalah Senayan Library Management System (SLiMS). Program ini didesain berbasis web dan kompatibel dengan standart kepustakawanan internasional.

Slims sendiri bukan sistem baru, open source ini lazim dipakai di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan telah dipakai di berbagai perpustakaan di luar negeri, seperti Italia hingga Thailand.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Kota Malang Dr H Subhan SPd MSi berharap, pelatihan yang diberikan UM kepada para pustakawan bisa mewujudkan perpustakaan digital di MTsN 2 Kota Malang sehingga para murid memiliki kemudahan dalam mengakses ilmu pengetahuan dari koleksi buku sekolah tanpa terbatas oleh ruang perpustakaan.

“Para siswa tak lagi harus datang ke perpustakaan karena bisa mengakses buku secara online,” pungkasnya.

sumber dari: https://radarmalang.jawapos.com/latest-news/28/07/2020/um-beri-pelatihan-perpus-digital-ke-pustakawan-mtsn-2-kota-malang/