Sore Ini, Pengumuman SBMPTN Bisa Dilihat Online

09-07-2019 / 10:52 WIB

MALANG – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) akan diumumkan, sore ini. Pengumuman bisa diakses secara online pada laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan sejumlah laman mirror perguruan tinggi negeri seperti UGM hingga UNAIR. Sebelumnya, terdapat 714.652 peserta yang mendaftar di jalur ini.

“Pengumuman hasil SBMPTN 2019 akan dilaksanakan secara serentak oleh semua PTN,” kata Ketua LTMPT Ravik Karsidi usai pendaftaran SBMPTN beberapa waktu lalu.

Sore Ini, Pengumuman SBMPTN Bisa Dilihat Online

Hasil SBMPTN bisa diakses pada laman utama pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id yang saat ini sudah menampilkan hitung waktu mundur pengumuman yang akan dilakukan mulai pukul 15.00. Besar kemungkinan, laman tersebut akan sulit diakses pada awal pengumuman. Oleh karenanya, disarankan peserta untuk mengakses laman mirror yang telah disediakan.

Ketua Pelaksana SBMPTN Universitas Negeri Malang (UM)  Dr. Agus Hermawan menyampaikan bahwa pengumuman hasil SBMPTN akan dilakukan sesuai dengan jadwal dari LTMPT secara online. Ia menyebutkan bahwa di UM semua prodinya memiliki jumlah pendaftar yang jauh lebih besar dari kuota, jadi semua prodi bisa dipastikan memenuhi kuota.

“Semua prodi pendaftarnya berlebih, jadi (peserta) memenuhi kriteria grade yg ada. Semua yg diterima berdasar rangking,” terangnya.

Peminat pendaftar SBMPTN di Universitas Negeri Malang (UM) mencapai 36.262 pendaftar, dengan kuota hanya 6800. Pada total jumlah pendaftar tersebut, minat tertinggi ada pada prodi Manajemen dengan 1.727 pendaftar. Kemudian minat tertinggi kedua ada pada prodi PGSD sejumlah 1.292 pendaftar, lalu disusul oleh prodi Akuntansi dengan 1.102 pendaftar.

Selain UM, perguruan tinggi negeri di Malang yakni Universitas Brawijaya (UB) sebelumnya  diminati oleh 55.871 pendaftar yang membuatnya jadi perguruan tinggi paling diminati pada SBMPTN kali ini. Padahal, daya tampung yang tersedia di UB sendiri hanya sekitar 5.616, atau hanya sebesar 10.05 persen dari keseluruhan jumlah pendaftar.

Sementara itu, untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN secara online, para peserta harus menginput nomor peserta SBMPTN dan tanggal lahir untuk login akun pada laman resmi LTMPT maupun laman mirror lainnya. (mg3/oci)

Sumber dari: https://www.malangpostonline.com/read/19605/sore-ini-pengumuman-sbmptn-bisa-dilihat-online

Leave a Reply