Malang post 11 September 2018

Raih 5 Medali, UM Catat Peningkatan Prestasi Pimnas

Published on Monday, 10 September 2018 19:51

MALANG – Support penuh dari Universitas menjadi kunci kemenangan kontingen UM mampu membawa pulang empat medali dari delapan tim yang maju PIMNAS di UNY beberapa waktu lalu. Keempat medali diantaranya dua emas, satu perak, dan dua perunggu.

Salah satu peraih emas, Atika Sari Puspita Dewi dari tim Nanocell mengakui kemenangan kontingen UM berasal dari kekeluargaan dan support yang telah terjalin mulai dari awal persiapan, karantina, hingga saat maju PIMNAS.

“Sejak persiapan pelatihan, penyiapan artikel, hingga pembukaan karantina pihak kemahasiswaan terus mendampingi. Bahkan hingga pelepasan PIMNAS, Rektor turun langsung memberi support,” ungkap mahasiswa Prodi Fisika dari FMIPA ini.

Tak heran lepas dari ajang PIMNAS, solidaritas, kekeluargaan dan kerja tim serta komunikasi masih dibangun seluruh kontingen dengan kemahasiswaan. Tentu saja, UM juga telah menyiapkan apresiasi bagi mahasiswanya yang berjuang dalam PIMNAS.

“Ada apresiasi yang disediakan, tapi kami masih belum berkesempatan bertemu dengan Rektor. Mudah-mudahan dalam waktu dekat,” tandasnya.

PKM Penelitiannya tentang penggabungan antara nano generator dan solar cell saat ini telah dalam tahapan konverensi indeks scopus. Bahkan tinggal menunggu hasil dari jurnal internasional yang sudah disubmit. Pengembangan alat yang mampu mengonversikan energi mekanik di listrik dan cahaya matahari menjadi listrik dipadukan menjadi satu perangkat. Ke depan diperlukan pengembangan penelitian untuk membuat teknologi lebih andal lagi.

Malang post 11 September 2018

Malang post 11 September 2018

“Selama bertanding di sana sangat antusias, sebab dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Ini menjadi pengalaman baru dengan atmosfir kompetisi yang sehat tentunya,” ungkap Atika.
Sementara itu, Kasubag MPIKA BAKPIK UM, Ifa Nursanti, S.AP, menyampaikan sebelum berangkat mengikuti PIMNAS, para kontingen UM menjalani pembinaan terlebih dahulu pada tanggal 7 hingga 19 Agustus 2018. Kemudian dilanjutkan dengan masa karantina tanggal 23 hingga 25 Agustus 2018.

“Adanya peningkatan terhadap hasil yang didapatkan kontingen UM tahun ini. Tahun lalu, kontingen UM hanya tiga medali yakni satu emas dan dua perak,” beber Ifa.

Medali emas lainnya diraih oleh Imam Muhtarom, mahasiswa Prodi Teknik Mesin dari Fakultas Teknik untuk kategori poster. Medali perak dipersembahkan Robby Wijaya, mahasiswa Prodi Teknik Mesin dari Fakultas Teknik kategori presentasi, sedangkan medali perunggu diraih Indra Nurdien Hakim, mahasiswa Prodi Teknik, kategori presentasi, dan Amira Kamelia Sa’dya, mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran dari Fakultas Ekonomi, kategori presentasi. (ita/oci)

Sumber dari: https://malang-post.com/pendidikan/raih-5-medali-um-catat-peningkatan-prestasi-pimnas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *