Perluas Pangsa Pasar Kripik Buah Trenggalek, Dosen UM Kenalkan indofruitchips.com

TRENGGALEK – Sentra penghasil berbagai jenis buah di Indonesia salah satunya berada di Kabupaten Trenggalek. Selama ini, penjualan buah dipasarkan dalam bentuk buah segar ke berbagai wilayah. Dengan adanya hasil panen yang melimpah, Trenggalek banyak menyuplai toko buah di wilayah pulau Jawa.

Akan tetapi, pemasaran buah segar memiliki kelemahan yaitu akan terjadi pembusukan pada buah tersebut sehingga mengurangi nilai jual. Selain itu, kecenderungan masyarakat untuk mengonsumsi buah swgar juga rendah.

Setelah sebelumnya UMKM di desa Sukorejo mendapatkan bantuan berupa mesin potong buah dari Universitas Negeri Malang, maka permasalahan tentang pengolahan hasil produksi buah dapat terkurangi. Namun demikian, masih terdapat satu permasalahan mengenai jangkauan wilayah pemasaran hasil olahan UMKM tersebut.

Berdasarkan dua kelemahan produksi hasil panen perkebunan tersebut, maka perlunya upaya untuk meningkatkan nilai ekonomis yaitu meminimalisir dan hasil buah sortiran yang tidak dipasarkan dengan pengawetan buah hasil panen tersebut untuk memperpanjang waktu penyimpanan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memasarkan dalam bentuk keripik buah yang memiliki nutrisi sama dengan buah segar serta dengan memperluas wilayah pemasaran.

Dengan pesatnya perkembangan internet sekarang ini, sangat memungkinkan adanya alih sistem pemasaran yang sebelumnya masih tradisional menjadi teknologi yang modern untuk perluasan wilayah pemasaran.

Salah satu UMKM pengolahan buah yang ada di Jawa Timur adalah di Desa Sukorejo Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, dengan produk berupa pengolahan buah segar menjadi berbagai macam keripik buah sedangkan Kampung Wisata Blimbing bekerjasama dengan masyarakat sekitar sebagai pemasok komoditi utama buah blimbing.
Di samping itu, dengan adanya perkembangan penggunaan internet pada setiap lapisan masyarakat akan memberikan andil yang sangat banyak di bidang pemasaran.

Pemasaran ini sangat urgen, dengan managemen pemasaran yang tepat, industri akan dapat memasarkan produk sampai ke luar wilayah bahkan ke mancanegara. Seiring berkembangnya internet untuk pemasaran (E-commerce) maka pemasaran menggunakan website e-commerce dirasakan sangat penting untuk perluasan penjualan serta promosi produk olahan.

Berdasarkan analisis situasi tersebut di atas, Dosen Universitas Negeri Malang yang diketuai Marsono, S.Pd.T., M.Pd., Ph.D dan beranggotakan Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd; Dr. Aminnudin, S.T., M.T melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mencoba mengatasi permasalahan mitra di bidang proses pemasaran, dengan membangun sistem website online shop untuk hasil pemasaran hasil olahan UMKM dengan alamat website https://indofruitchips.com.

Dengan bantuan mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Tugu, Tim PKM menyediakan sistem website yang menarik dan mudah dioperasikan oleh pengelola untuk tempat memasarkan produk-produk hasil olahan UMKM.

Tim pelaksana mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyakarat (LP2M) Universitas Negeri Malang sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dan terfasilitasi dengan baik dan bermanfaat bagi mitra khususnya di Desa Sukorejo Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Sumber dari: https://radarmalang.id/perluas-pangsa-pasar-kripik-buah-trenggalek-dosen-um-kenalkan-indofruitchips-com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *