Perkuat Jaringan Di Pertemuan Dekan FMIPA Se-Asia

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah The 5th Asian Science Deans Summit (ASDS) bertempat di Hotel Santika Kota Malang, Rabu (10/7/2019).

Sebanyak 62 dekan dari FMIPA dari beberapa negara Asia datang.

“Pertemuan ini untuk memperkuat jaringan juga kolaborasi,” jelas Assoc. Prof Dr Hadi Suwono MSi pada suryamalang.com di sela acara.

Beberapa negara yang hadir selain Indonesia adalah Korea, Jepang, Malaysia, Thailand juga Timor Leste.

ASDS merupakan pertemuan tahunan dekan-dekan sains di Asia sejak 2015. ASDS sebelumnya di Korea, Philipina, Indonesia, dan Thailand.

Tema pertemua kelima adalah ‘Penguatan Mobilitas dan Kerjasama terkait Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat’.

Dikatakan Hadi, lewat forum ini, UM juga melakukan kerjasama dengan Timor Leste dan Malaysia.

Dijelaskan, tantangan ke depan FMIPA adalah bagaimana mengembangkan penelitian untuk mendukung era revolusi industri 4.0.

Sedang target kerjasama dengan negara lain adalah kolaborasi riset, pembimbingan untuk mahasiswa pascasarjana hingga mobilisasi mahasiswa.

Sehingga mahasiswa tak hanya mendapat pengetahuan tapi juga pengalaman.

Kegiatan inti pertemuan ini membahas beberapa beberapa topik penting yaitu akreditasi internasional, penguatan kerjasama dan kolaborasi, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kegiatan pertukaran mahasiswa, MoU di antara fakultas sains, dan diskusi kelompok.

Anton Prasetyo, Wakil Dekan I Fakultas Saintek UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang ikut dalam pertemuan ini menyatakan pentingnya berkolaborasi dengan fakultas di negara lain.

“Pertemuan semacam ini perlu. Apalagi UIN dalam rangka menuju world class university,” jelasnya.

Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri juga sudah dijalin Fakultas Saintek dengan Malaysia.

Sejumlah mahasiswa Malaysia mengikuti summer program. Juga bakal datang dosen dari Selandia Baru di Arsitektur dalam kemasan visiting lecture dan juga dosen dari Jerman pada September 2019 mendatang.

“Lewat ini bisa memperluas jaringan Fakultas Saintek,” pungkasnya.

Sumber dari: https://suryamalang.tribunnews.com/2019/07/10/perkuat-jaringan-di-pertemuan-dekan-fmipa-se-asia?page=all

Leave a Reply